Home / Berita / KPU KK Audiens ke Pemkot

KPU KK Audiens ke Pemkot

KOTAMOBAGU – Terkait dengan penyelenggaraan Pemilihan Walikota (Pilwako) Kotamobagu 2018, Senin (01/08/16) pagi tadi, KPU Kotamobagu mendatangi Kantor Walikota dan diterima langsung Sekretaris Kota, Tahlis Galang.
Dalam penyempaiannya Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan yang didampingi Asep Sabar, Iwan Manoppo dan Aditya Tegela, mengatakan meski pelaksanaan Pilwako masih lama, pihaknya tetap melakukan persiapan-persiapan, terutama terkait dengan penganggaran.
“Kasus Bolmong yang terlambat menandatangani NPHD kemarin jadi pelajaran kita semua. Makanya kita jauh-jauh hari harus sudah ada kesepahaman antara Pemkot dan KPU Kotamobagu terkait perhelatan akbar lima tahunan ini.”
Pertemuan perdana dengan pihak Pemkot Kotamobagu kali ini, lanjut Nayodo, baru jalan pembuka ke arah pembahasan yang lebih mendalam. “Draft rancangan anggarannya kita sudah susun dan disesuaikan dengan kebutuhan, jadi nanti tinggal dibedah dan dipelajari oleh tim dari TAPD maupun badan anggaran DPRD.”
Kepada para wartawan yang menemui usai audiens, Nayodo menjelaskan bahwa tahapan berikutnya adalah berdiskusi dengan tim keuangan pemda setelah itu baru disahkan di DPRD Kotamobagu agar bisa masuk ke APBD Kotamobagu Tahun 2017. “Pengelolaan keuangan KPU terkait Pilwako sekarang beda dengan sebelum-sebelumnya, meski dananya tetap diperoleh dari APBD Kotamobagu, tapi pengeloloannya harus APBN.”
Maksudnya, masih kata Nayodo, dana APBD tersebut nanti seluruhnya dikirim ke APBN. “Dan kalupun nanti ada sisa itu merupakan kewenangan pusat dan tidak kembali lagi ke daerah. Adapun besaran anggaran yang kami susun untuk Pilwako 2018 sebesar Rp17 miliar lebih. Angka tersebut bisa saja turun kalau sengketa misalnya, tidak terjadi.”
Sekkot sendiri pada tamunya menjajikan pekan depan untuk membahas anggaran Pilwako 2018 tersebut, mengingat saat ini tim keuangan Pemkot Kotamobagu masih membahas draft APBD-P Kotamobagu 2016. “Insha Allah minggu depan kita akan bahas tuntas draft dari KPU Kotamobagu ini, setelah itu baru kita bawa ke DPRD,” pungkas Sekkot yang kemarin didamping Kepala Badan Kesbang Pol Kotamobagu. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …