Home / Berita / KPU Harus Kompak

KPU Harus Kompak

KOTAMOBAGU – Tahun 2019 tinggal menghitung hari. KPU diharapkan bisa lebih profesional dalam mengelola program dan anggaran.
Penegasan tersebut disampaikan Ardiles Mewoh, Ketua KPU Sulawesi Utara pada Rakor akhir tahun yang digelar di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Minggu (23/12/18).
Menurut Ardiles, tahun 2018 harus dijadikan pengalaman berharga bagi seluruh KPU se-Sulut. “Mudah-mudahan ke depan kita semua akan lebih baik dalam mengelola banyak hal termasuk keuangan dan program.”
Hal yang sama disampaikan Lanny Ointu, Komisioner KPU Sulut yang membidangi perencanaan dan data. Menurutnya harus ada harmonisasi antara komisioner dengan sekretariat. Sehingga seluruh program dan kegiatan serta pelaporannya bisa tersusun dengan baik.
“Bila komisioner dan sekretariat kompak, maka tidak akan ada masalah yang terjadi, khususnya di internal satker.”
Sementara itu Komisioner KPU Sulut lainnya: Salman Saelangi banyak mengupas soal perlunya diperbanyak sosialisasi kepada masyarakat agar tingkat petisipasi politik pada Pemilu 2019 bisa meningkat.
“Karena kesuksesan penyelenggaraan Pemilu tidak hanya terletak dari kondusifnya situasi tapi juga meningkatnya angka partisipasi masyarakat dalam pemilu.”
Meidy Tinangon, Komisioner KPU Sulut yang membidangi hukum menyarankan agar seluruh satker senantiasa tertib dan taat asas. Sehingga pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku.
Di bagian lain, Komisioner KPU Sulut dari divisi teknis; Yessy Momongan memberi masukan agar seluruh satker KPU kabupaten/kota se-Sulut untuk memperhatikan hal-hal yang sudah diatur dalam regulasi, termasuk soal konsultasi secara berjenjang.
“Pengalaman 2018 banyak satker yang melakukan konsultasi dengan mengabaikan hierarkis atau berjenjang. Sehingga ada kesan KPU Provinsi tidak mampu menyelesaikan masalah. Padahal yang sebenarnya KPU Kabupaten/kota yang sering tidak berkomunikasi ke kami di provinsi, tapi langsung jalan pintas ke Jakarta.”
Di acara akhir tahun di Manado itu KPU Kota Kotamobagu menghadirkan lima komisioner: Iwan Manoppo, Asep Sabar, Yokman Muhaling, Zulkifli Kadengkang, Adrian Herdi Dayoh dan sekretaris; Frans Tuto Manoppo. Menurut mereka apa-apa yang sudah disampaikan KPU Sulut tersebut akan diaplikasikan, khususnya dalam mensukseskan Pemilu 2019. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …