KPU Goes to School

KOTAMOBAGU – Terkait pendidikan bagi pemilih pemula, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu menggelar sosialisasi ke sekolah-sekolah.Sekolah pertama yang dikunjungi oleh tim “KPU Goes to School” adalah SMK Muhammadiyah Gogagoman. “Alhamdulillah acaranya mendapat perhatian dan keseriusan banyak pihak, tidak hanya siswa yang notabenenya pemilih pemula, tapi juga para guru dan warga setempat,” kata Iwan Manoppo, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Pemula dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kotamobagu.

Dalam pemaparannya Iwan banyak menjelaskan soal pentingnya keikutsertaan serta partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan umum (pemilu). “Karena itu kalangan pelajar khususnya, harus menjadi garda terdepan mensukseskan jalannya pemilihan umum, dengan cara memilih dan menggunakan hak suaranya dalam pemilu,” kata staf pengajar Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK) ini.

Tidak memilih alias golongan putih (golput), lanjut Iwan, merupakan ciri-ciri masyarakat yang tidak peduli dengan negerinya, meski pun tidak ada sanksi atau hukuman bagi pelaku golput. “Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman tentang prosedur pemilihan umum, di berbagai tingkatan dan tujuan kepada warga negara yang memiliki hak pilih, termasuk para pelajar.”

Diakhiri acara digelar simulasi pemilihan umum (pemilu) yang dilakoni langsung para siswa dan dipandu oleh Nur Cholis, staf KPU Kotamobagu. Meski berjalan santai ratusan siswa yang memadati ruang serba guna tampak serius mengikuti acara tersebut. (**)

Leave a Reply