KPU Gelar Validasi Surat Suara

KOTAMOBAGU – Setelah mengikuti validasi surat suara tingkat nasional, awal pekan ini, rencananya Jumat (20/12) hari ini KPU Kota Kotamobagu (KK) akan menggelar acara yang sama untuk tingkat kota.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Teknis Penyelenggara, Hukum dan Pengawasan KPU Kotamobagu, Aditya Tegela, di ruang kerjanya Kamis (19/12) kemarin. Menurutnya, pada aacara ini akan disampaikan seluruh kesiapan KPU dan para peserta pemilu, khususnya calon legislatif (caleg) DPRD Kotamobagu.

“Terselenggaranya Pemilihan Umum (Pemilu) tak luput dari dukungan ketersediaan logistik Pemilu yang memadai secara tertib dan efektif. Untuk itu logistik Pemilu harus dikelola secara efektif dan efisien, baik pada tahap perencanaan kebutuhan, pengadaan, pendistribusian, penyimpanan atau pemeliharaan, dan piñata-usahaan,” kata Aditya.

Perlunya KPU Kotamobagu melakukan validasi itu, kata Aditya, sebagai upaya untuk mencocokkan antara desain surat suara dengan daftar calon tetap (DCT) peserta Pemilu Legislatif (Pilleg) pada 9 April 2014 mendatang. “Langkah ini, dilakukan sebelum dilakukan pencetakan surat suara.”

Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, yang diminta tanggapannya mengatakan pelaksanaan validasi mutlak dilakukan untuk men-chek kembali nama-nama caleg sesuai partai masing-masing. “Jadi, diharapkan kepada pengurus partai untuk meng-cross check kembali daftar pemilihnya, apakah namanya sudah sesuai atau belum? Sekaligus kita minta para pengurus Parpol peserta Pemilu 2014 untuk menandatangani persetujuan surat suara yang didalamnya tercantum nama-nama calon anggota legislatif (caleg)-nya,” jelas Nayodo.

Nayodo benar. Sayangnya saat validasi tingkat pertama pada Jumat (13/12) lalu, dari 12 parpol yang diundang KPU hanya sedikit saja yang hadir. Padahal acara tersebut penting untuk mencermati kembali tata letak surat suara, untuk menghindari kesalahan penulisan nama caleg dari masing-masing parpol, maupun nomor urutnya.

“Jadi, pada validasi Jumat hari ini hanya akan membahas tentang kesiapan cetak surat suara dan dilakukan persetujuan, tidak ada lagi yang bisa dirubah,” tambah Aditya sambil menambahkan bahwa untuk caleg Kotamobagu tidak ada perubahan, kecuali penghapusan satu nama caleg asal PAN. ”Dan itu sudah dikosongkan di surat suara.” (**)

Leave a Reply