KPU Gelar Raker Bagi PPS

KOTAMOBAGU— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu menggelar Rapat Kerja (Raker) bagi seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 33 desa/kelurahan di Kotamobagu. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, dimulai Sabtu 16 Februari hingga Senin 18 Februari 2013, bertempat di ruang Media Center KPU Kotamobagu.

Di hari pertama, KPU Kotamobagu mengundang anggota PPS yang ada di Kecamatan Kotamobagu Timur dan Kotamobagu Utara. Hari selanjutnya, giliran PPS dari Kotamobagu Barat. Sedangkan di hari terakhir, rencananya Raker akan diadakan bersama PPS dari Kotamobagu Selatan.

Sekretari KPU Kotamobagu Muhammad Agung Adati, ST. M.Si, mengatakan Raker tersebut membahas teknis penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Mulai tata cara pemutakhiran, pencatatan melalui komputerisasi hingga kasus-kasus yang mungkin terjadi di lapangan. “Semua dibahas tuntas. Ini sangat penting. Jangan sampai dalam pemutakhiran yang maksudnya semua wajib pilih terdata justru sebaliknya, banyak yang tidak terdata. Makanya diberikan materi berdasarkan contoh-contoh kasus yang terjadi di lapangan,” kata Agung.

Ditambahkan Ketua KPU Nayodo Koerniawan, SH, pemutakhiran ini sangat penting, karena dari hasil sinkronisasi data antara Data Penduduk Potensial Pemilih (DP4) dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir, masih banyak persoalan. Seperti, ada yang terdata di DPT tetapi tidak terdata di DP4. Ada juga penduduk potensial pemilih yang data kependudukannya belum lengkap. “Inilah yang harus dimutakhirkan, yang nantinya akan ditetapkan sebagai DPT Pilwako Kotamobagu 2013,” kata Nayodo.

Nayodo mengingatkan semua PPS, termasuk Panitia Pencatatan Data Pemilih (PPDP) yang baru akan dibentuk, agar melaksanakan tugas sesuai aturan. “Kesalahan kecil dalam proses pemutakhiran, maka dampaknya sangat besar. KPU bisa digugat dan pelaksanaan Pilwako bisa ditunda. Penting lagi, bila sengaja melakukan kesalahan, maka PPS dan PPDP bisa berurusan dengan hukum,” tegas Nayodo.(*)

Persoalan Data Pemilih

Kecamatan

DP4 Ganda RT Nol Ada di DPT Tidak di DP4

Kotamobagu Utara

12.845 Jiwa 655 Jiwa 1.639 Jiwa 3.414 Jiwa

Kotamobagu Timur

22.948 Jiwa

1.093 Jiwa

967 Jiwa

6.239 Jiwa

Kotamobagu Selatan

22.499 Jiwa

1.219 Jiwa

1.624 Jiwa

3.439 Jiwa

Kotamobagu Barat

32.679 Jiwa

1.544 Jiwa

1.979 Jiwa

3.766 Jiwa

Sumber: KPU Kotamobagu

Leave a Reply