KPU Gelar Lomba Salamat

KOTAMOBAGU— Ada yang unik dari kegiatan sosialisasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Kotamobagu 2013. Komisi PemilihanUmum (KPU) Kotamobagu menggelar lomba Salamat (pantun jenaka berbahasa mongondow, red). Lomba ini bagian dari acara ‘Say No Golput’ yang akan digelar Sabtu dan Minggu (23-24/2).

Lomba Salamat ini menurut Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan, bukan sekadar pantun. Tapi, berisi pesan-pesan moral. Seperti, mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, menjaga keamanan dan ketertiban meski beda pilihan dan pesan-pesan lainnya. “Ini memang unik. Kita sengaja mengemas acara ini agar bisa lebih dekat dengan masyarakat yang notabene sebagai wajib pilih. Ini kan pesta mereka (warga) bukan pesta KPU, kita hanya penyelenggara saja,” ungkap Nayodo.

Senada disampaikan Ketua Pokja Sosialisasi Amir Halatan S.Sos. Menurutnya, kegiatan yang dirancang ini belum pernah dilakukan di daerah lain. Mungkin dapat dikatakan yang pertama. “Kita memang mencoba agar dalam pelaksanaan sosialisasi tidak kaku dan tidak monoton dari tahun ke tahun. Kita coba konsep baru yang dipadukan dengan hiburan,” sebut Amir. Ditambahkan, KPU berharap dengan kegiatan ini bisa meminimalisir angka golput yang akan terjadi di Pilwako nanti. “Kita harapkan demikian. Apalagi, diadakan pameran partai politik. Jadi, warga bisa menilai parpol dari visi dan misi, program-programnya, sehingga ada rangsangan bagi warga untuk menggunakan hak pilihnya,” pungkas Amir.(*)

Leave a Reply