KPU Gandeng Komunitas Mobil

KOTAMOBAGU – Sabtu (11/01/14) besok Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu bareng Radar Bolmong dan Komunitas Mobil Kotamobagu akan menggelar road show bertajuk “Say No to Golput”.

“Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengikuti Pemilu 2014,” kata Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu saat dihubungi Kamis (09/01/14).

Bahkan Nayodo mengajak kaum muda untuk terlibat aktif meningkatkan partisipasi pemilih hingga menjadi pemilih yang dominan dalam pemilu 2014. Bukan justru mengajak masyarakat untuk tidak memilih atau golongan putih (golput). “Saya yakin komunitas mobil Kotamobagu yang rata-rata anak muda dan di-backup Radar Bolmong bisa menjadi motor penggerak dan penyemangat anti golput pada pemilu kali ini.”

Yang pasti, masih kata Nayodo, pemuda dan masyarakat Kotamobagu diharapkan jangan golput atau tidak memilih pada pemilu nanti. “Itu bertolak belakang dengan semangat demokrasi dan kontraproduktif dengan sistem politik demokratis yang sedang kita bangun. Kita tidak boleh apatis, mari sama-sama kita isi sistem demokrasi ini, sehingga makin berkualitas,” ujar Nayodo.
Nayodo menambahkan kepedulian kaum muda sangat diperlukan, sebab tanpa peran serta nyata kaum muda, mustahil negeri ini bisa lebih baik.

“KPU sejak awal berkomitmen untuk menampilkan terus melayani agar semua peserta Pemilu merasa nyaman. Namun demikian, KPU tetap mengingatkan bahwa ada aturan yang mengikat semua pihak. Dan semuanya wajib mengikuti aturan itu.

Dibagian lain, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Pemula dan SDM KPU Kotamobagu, Iwan Manoppo, dan Sekretaris KPU Kotamobagu, Agung Adati, menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu petang dan diikuti sekira 150 kendaraan bermotor. Tak hanya itu, kegiatan ini juga akan diikuti oleh masyarakat umum.

“Ini merupakan bagian dari kegiatan sosialisasi KPU tentang pemilu. Apalagi kita sudah menargetkan tingkat partisipasi di Kotamobagu harus mencapai 80 persen, lebih dari itu akan lebih baik,” kata Iwan. (**)