KPU: DPS Ditempel, Manfaatkan PIP

KOTAMOBAGU— Daftar Pemilih Sementara (DPS) mulai ditempel di kantor-kantor desa/kelurahan se Kotamobagu. Warga yang merasa memiliki hak pilih diminta untuk berpartisipasi aktif mengecek namanya terdaftar atau tidak.

“Harus pro aktif, meski pemutakhiran data terus dilakukan PPS (Panitia Pemungutan Suara) melalui PPDP (Petugas Pencatatan Data Pemilih). Datangi langsung kantor desa/kelurahan, lihat daftarnya, bila tidak terdaftar, temui PPS atau PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” kata Ketua Pokja Sosialisasi Amir Halatan S.Sos.

Bila warga mempunyai aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu menyiapkan fasilitas Posko Informasi Pemilih (PIP). “Cukup menelpon atau mengirim pesan pendek di nomor 082344222245, operator kami akan menjawab pertanyaan sudah terdaftar atau belum,” sebut Amir.

Di sisi lain, Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan, mengatakan kesuksesan Pemilihan Umum Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) Kotamobagu bukan hanya ditangan KPU saja, tetapi peran aktif semua lapisan masyarakat yang paling menentukan kesuksesan Pilwako. “Kami sebagai penyelenggara hanya sekadar menyiapkan infrastruktur bagi warga untuk menyalurkan hak pilih mereka. Mari sama-sama kita sukseskan Pilwako Kotamobagu pada 24 Juni mendatang,” ajak Nayodo.

Selain melakukan pemutakhiran, lanjut Nayodo, KPU juga berkerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, dalam setiap hajatan, baik hajatan pemerintahan maupun hajatan masyarakat, selalu mengingatkan warga agar memantau dan memastikan namanya tercantum dalam DPS. “Jangan malu untuk datang ke kantor desa/kelurahan atau mengecek melalui PIP. Sekali lagi, Pilwako milik warga,” tandas Nayodo.(*)

Leave a Reply