Home / Berita / KPU Pusat Menerima Pendaftaran Parpol, KPU Daerah Menerima Hard Copy KTA

KPU Pusat Menerima Pendaftaran Parpol, KPU Daerah Menerima Hard Copy KTA

-Gorontalo, kpu.go.id-“Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota tidak menerima pendaftaran Partai Politik (Parpol). Parpol hanya menyerahkan hard copy daftar dan lampiran Kartu Tanda Anggota (KTA) parpol di daerah tersebut untuk dilakukan verifikasi faktual. Pendaftaran hanya dilakukan di KPU Pusat.”

Hal itulah yang dikatakan Anggota KPU RI Hadar Gumay dalam melakukan kunjungan kerjanya ke Provinsi Gorontalo, Senin (27/8). Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan monitoring evaluasi kegiatan tahapan sosialisasi baik Pemilihan Umum (Pemilu) maupun Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada).Selain itu, Hadar Gumay yang juga sebagai koordinator wilayah (Korwil) untuk Provinsi Gorontalo sekaligus melakukan koordinasi terkait dengan tahapan Pemilu yang saat ini sedang berlangsung. Pertemuan dihadiri oleh KPU Provinsi Gorontalo dan seluruh KPU Kabupatan/Kota se-Gorontalo yang dilakukan di Kantor KPU Provinsi Gorontalo.

Dalam penjelasannya Hadar mengatakan, seluruh dokumen parpol yang mendaftar di KPU Pusat termasuk soft copy KTA, dan daftar anggota parpol yang di Kabupaten terdapat pengurusnya,akan dikirim oleh KPU Pusat ke KPU Kabupaten/Kota untuk dilakukan verifikasi faktual.

“Nanti daftar itulah yang dicocokkan oleh bapak/ibu sekalian (red-KPU Kabupaten/Kota) antara soft copy KTA dengan hard copy yang diterima dari parpol yang menyerahkan ke KPU Kabupaten/Kota.” papar Hadar.

Jika terdapat perbedaan data antara soft copy KTA dengan hard copy yang diserahkan di tingkat kabupaten/kota, maka yang menjadi patokannya adalah data yang berasal dari KPU pusat.

“Karena prinsipnya pendaftaran dilakukan di KPU pusat dan dilakukan oleh pengurus pusat,” lanjutnya.

Di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota juga dilakukan verifikasi faktual terkait dengan alamat kantor dan pengurus parpol dengan menggunakan data yang berasal dari KPU Pusat, karena seluruh daftar diberikan kepada KPU Pusat dan data tersebut yang menjadi pegangan.

“Dengan cara tersebut kita dapat menghindari sengketa yang mungkin ada di antara mereka (red-parpol) di lapangan yang terdapat pada masing-masing tingkatan,” jelas Hadar. (ook/red)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply