KPU Deadline Bakal Calon

KOTAMOBAGU— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu memberikan deadline (tenggat waktu) kepada seluruh pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Melalui surat resmi, KPU meminta untuk segera melengkapi berkas pasangan calon, yang masih kurang ketika pendaftaran beberapa waktu lalu.

“Kami sudah menyurat secara resmi kepada kelima pasangan bakal calon. Tenggatnya hingga 3 April mendatang. Bila tidak melengkapi, maka pasangan bakal calon terancam tidak lolos ke tahap berikutnya, yakni pemeriksaan kesehatan,” kata Ketua KPU Nayodo Koerniawan, kemarin.

Baginya, semua persyaratan yang diminta harus dipenuhi. Bila tidak dilengkapi, KPU tidak menjamin pasangan bakal calon akan menjadi peserta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) 24 Juni mendatang. “Karena prosesnya masih panjang. Setelah berkas lengkap, kemudian pemeriksaan kesehatan. Setelah itu, KPU akan melakukan verifikasi tahap II, yakni verifikasi faktual atas kelengkapan administrasi. Nah, bagaimana KPU akan melakukan verifikasi faktual jika berkasnya tidak lengkap,” urai Nayodo.

Disebutkan, dari semua pasangan bakal calon, tidak ada berkas yang lengkap 100 persen. Ada beberapa yang mendekati 100 persen, bahkan ada pasangan bakal calon yang 10 persen kelengkapan berkas pun tidak sampai. “Tentunya ini menjadi perhatian yang harus diseriusi,” tegasnya, tanpa menyebutkan nama pasangan bakal calon,” tegasnya.(*)

Leave a Reply