Home / Berita / KPU dan Disdukcapil KK Rakor

KPU dan Disdukcapil KK Rakor

KOTAMOBAGU – Menindaklanjuti hasil Rakor Pemutakhiran Daftar Pemilih (Mutarlih) Berkelanjutan Semester II tingkat Provinsi Sulawesi Utara, KPU Kotamobagu bersama Dinas Dukcapil menggelar Rakor, Jumat (23/12/16).
“Mutarlih Berkelanjutan Semester I sudah dilakukan pada Juni 2016 lalu dengan menghasilkan beberapa poin penting, diantaranya adalah penyaringan pemilih yang masuk kategori DPTb2 atau pemilih yang menggunakan KTP saat memilih,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidang Perencanaan dan Data.
Menurut Asep, pemilih yang menggunakan KTP atau identitas lain saat memilih kemudian disaring, baik di Portal Sidalih milik KPU maupun sistem kependudukan milik Dinas Kependudukan dan Catatan (Disdukcapil) Kotamobagu.
“Hasilnya, ternyata masih ada 52 pemilih yang tidak tersaring, dan itu menjadi pekerjaan rumah yang harus dituntaskan pada Mutarlih Semester II kali ini,” tegas Asep.
Adapun pemilih yang masuk kategori Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb-2) pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut atau Pilkada Serentak Tahun 2015 tercatat sebanyak 738 orang. Jumlah itu kemudian tersaring di data pemilih KPU sebanyak 265 orang. Sisanya sebanyak 473 pemilih dikoordinasikan ke Disdukcapil untuk disaring dan dilacak apakah mereka terdaftar atau tidak.
“Ternyata hasilnya Disdukcapil berhasil menyaring sebanyak 421 pemilih. Artinya 52 pemilih tidak tercatat, baik di data KPU maupun Disdukcapil, padahal mereka menggunakan hak konstitusinya saat Pilgub Sulut,” jelas Asep.
Menanggapi hal itu, Kadis Dukcapil Kotamobagu, Virgina Olii, mengatakan pihaknya siap membantu KPU Kotamobagu dalam membenahi daftar pemilih di daerah ini. “Hal ini kami lakukan juga sebagai tindaklanjut MoU yang sudah ditandatangani antara Kemendagri dalam hal ini Dirjen Kependudukan dengan Ketua KPU RI.”
Kadis juga menggarisbawahi semangat KPU Kotamobagu dalam memperbaikin daftar pemilih, mengingat dalam waktu yang tidak lama lagi Kotamobagu akan menghadapi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota. “Yang pasti Disdukcapil siap memberikan data dan informasi terkait pemilih. Apalagi sekarang sudah menggunakan KTP elektronik, jadi bisa dengan mudah dilacak di system kependudukan.”
Hadir pada acara Rakor tersebut selain Kadis, ada Sekretaris Disdukcapil, Muliono Mokodompit dan Kabid Kependudukan, Indah Mokoagow beserta operatornya. Sementara dari KPU Kotamobagu, selain Asep Sabar, hadir juga Nayodo Koerniawan (Ketua), Aditya Tegela dan Iwan Manoppo beserta operator Sidalih. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …