KPU Bingung Soal Pemilih Misterius

KOTAMOBAGU– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu dibuat bingung dengan banyaknya jumlah pemilih ‘misterius’ yang masuk dalam penyusunaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) jelang Pilwako Kotamobagu.

Menurut Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan, DPT tersebut sudah harus disahkan 14 hari sebelum pemungutan suara. Nayodo pun menyayangkan kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu yang terkesan lambat menyelesaikan masalah ini.

“Seharusnya rapat finalisasi untuk DPT ini digelar hari ini (kemarin, red). Hanya saja belum ada kesiapan dari pihak Discapilduk,” ujar Nayodo.

Sesuai rencana, lanjut Nayodo, Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah akan mengesahkan DPT pada 7 Juni ini. Untuk tingkat PPK (Panitia Pemilihan Suara), pengesahan tanggal 8 Juni, kemudian tanggal 9 atau 10 Juni pengesahan di KPU.

Katanya, patokan penyusunan DPT berdasarkan DPS yang saat ini sudah divalidasi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) bersama PPPS. Hasil validasi, terdapat 908 pemilih yang tidak jelas keberadaanya, dan sebanyak 2.329 telah pindah rumah.

PPDP juga menemukan nama ganda dan meninggal yang mencapai ribuan. Jumlah tersebut hampir mencapai empat persen dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang disodorkan Disdukcapil. “Pihak Disdukcapil masih minta waktu sampai Kamis (30/5) ini. Tapi, kami akan tetap mengadakan rapat kembali bersama dengan PPS Selasa (28/5), dengan atau pun tanpa dari pihak Discapilduk,” tegas Nayodo sembari menambahkan pihaknya tak bisa seenaknya mencoret nama dalam DPS karena ada Nomor Induk Kependudukanya.(*)

Leave a Reply