Home / Berita / KPU-Bawaslu KK “Pelototi” DPTHP-2

KPU-Bawaslu KK “Pelototi” DPTHP-2

KOTAMOBAGU – KPU Kota Kotamobagu bersama Bawaslu Kota Kotamobagu selama empat hari ke depan akan melakukan sinkronisasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) 2 Pemilu 2019.
“Sesuai dengan tahapan yang ada, kami akan melakukan sinkronisasi DPTHP2 selama empat hari, tiap hari satu kecamatan,” kata Yokman Muhaling, Anggota KPU Kota Kotamobagu sekaligus penanggungjawab data pemilih Pwmilu 2019, Sabtu (01/12/18).
Di acara ini, lanjut Yokman, KPU Kota Kotamobagu mengundang Bawaslu Kota Kotamobagu dan PPK serta Panwascam secara bergiliran sesuai dengan jadwalnya. “Kami berikan satu hari perkecamatan mengingat begitu banyaknya nama-nama pemilih yang harus disinkronisasi,” ujar Yokman ditemani dua komisioner KPU Kotamobagu lainnya; Asep Sabar dan Zulkifli Kadengkang.
Dari pihak Bawaslu Kota Kotamobagu hadir sendiri salah satu personilnya; Ivan Tandayu, yang langsung mengawal setiap pembahasan nama-nama yang ada di dalam DPTHP2. “Ini penting agar ketika penetapan nanti tidak akan lagi ada persoalan dan semuanya akan dituntaskan ditahapan sinkronisasi ini,” tegasnya.
Sebagaimana diketahui, masa penyempurnaan DPTHP2 itu sendiri sudah diperpanjang hingga tanggal 15 Desember 2018. Karena itu sebagaimana diharapkan KPU secara berjenjang, semua pihak bisa menyelesaikan problematika data pemilihdan segera diselesaikan secara berkualitas.
Adapun indikator-indikator yang menjadi focus perbaikan DPTHP-2 Pemilu 2019 ini antara lain (1). Semua data yang perlu ditindaklanjuti sudah diselesaikan (potensi ganda 1,1 Juta, Hasil Analisis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Rekomendasi Bawaslu, GMHP, Hasil Aplikasi (31 Juta); (2). Memasukkan semua pemilih AC-KPU ke Daftar Pemilih; (3). Menyelesaikan kegandaan DPT DN-LN; (4). Memasukkan pemilih penyandang disabilitas mental dengan memberi keterangan; (5). Memastikan penambahan pemilih tidak menghasilkan kegandaan baru; (6). Kondisi akhir data ditetapkan sesuai Sidalih; dan (7). Membangun komunikasi efektif dengan semua pihak, mulai dari Bawaslu, Dinas Dukcapil dan Parpol sehingga proses penetapan berjalan sesuai regulasi. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …