KPU Bakal Coret Caleg Ganda

KOTAMOBAGU– Tahapan verifikasi administrasi Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg), terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu. Hingga saat ini, pihak KPU belum menemukan adanya nama-nama caleg ganda di tiap-tiap partai politik (Parpol).

Meski demikian, KPU memberikan garansi jika hal itu ditemukan, maka bisa dicoret dari Daftar Calon Sementara (DCS). “Memang belum semua diverifikasi. Tapi kasus seperti itu belum ditemukan di sini,” ujar Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan.

Seperti diketahui, sejumlah kasus caleg ganda ditemukan di beberapa daerah. Bahkan hal itu juga terjadi dalam DCS caleg DPR-RI. Dimana ada nama caleg yang terdaftar di dua daerah pemilihan (Dapil) yang berbeda. “Jika kasus seperti itu ditemukan di Kotamobagu, maka kami (KPU, red) akan memanggil yang bersangkutan sekaligus parpolnya untuk dimintai klarifikasi. Si caleg tersebut akan disuruh memilih, dapil mana yang diinginkannya,” jelas Nayodo.

Dirinya yakin, kasus seperti itu tidak akan terjadi di Kotamobagu. “Tapi kami akan pelototi satu per satu nama-nama caleg yang dimasukkan semua parpol,” tegas Nayodo.

Sebelumnya, komisioner Panwaslu Kotamobagu Ivan B Tandaju mengatakan, salah satu yang diawasi adalah nama-nama Bacaleg. “Panwaslu ikut bertanggungjawab mengawasi semua daftar nama caleg. Selain kelengkapan administrasi, DCS juga ikut kami awasi. Jangan sampai ada nama-nama caleg ganda seperti yang terjadi di beberapa daerah,” ujar Tandaju.(*)

Leave a Reply