KPU Ajak Warga Memilih

KOTAMOBAGU – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, meminta kepada semua pihak untuk ikut mendukung dan berpartisipasi pada pemilihan umum (pemilu) DPR, DPD dan DPRD pada 9 April 2014 mendatang.
Menurut Nayodo, suara rakyat sangat menentukan nasib serta masa depan bangsa ini. “Kita semua berharap pelaksanaan pemilu 2014 bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Terkait masih banyaknya persoalan di sana-sini, itu merupakan indikator bahwa banyak pihak berharap pemilu kali ini harus lebih baik dan jangan sampai ada problem di kemudian hari,” jelas Nayodo.

Bahkan Nayodo juga mengajak kaum muda untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014. Menurut dia pemuda justru harus menjadi bagian penting dalam upaya peningkatan partisipasi pemilih. “Kami mengajak kaum muda untuk tidak golput pada Pemilu 2014. Jangan menghindar dari Pemilu. Kita harus memiliki spirit untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik. Mekanisme yang konstitusional, ya melalui Pemilu,” kata Nayodo saat dihubungi Koran ini Rabu (30/10) kemarin.

Sebagaimana diketahui, secara nasional, kaum muda yang jumlahnya rata-rata mencapai 30 persen dari jumlah pemilih, menjadi penyumbang utama penurunan partisipasi pemilih. Padahal dalam konteks pendidikan, kesehatan dan akses, anak muda-lah yang paling memungkinkan untuk menggunakan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS).

“Kami berharap kaum muda ikut membantu menyampaikan gagasan tentang strategi yang efektif untuk mendekati pemilih muda yang di dalamnya termasuk pemilih pemula. Ini semua dalam rangka mencapai pemilu yang berkialitas.” (dh/kk)

Leave a Reply