Home / Berita / KPU Ajak Parpol Awasi Data Pemilih

KPU Ajak Parpol Awasi Data Pemilih

KOTAMOBAGU – KPU Kota Kotamobagu berharap partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 bisa sama-sama mengawasi pengelolaan data pemilih.
“Ini penting agar data pemilih kita bisa lebih akurat dan berkualitas,” tegas Asep Sabar, Anggota KPU Kota Kotamobagu yang membidangi perencanaan dan data, saat penyerahan salinan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2019 kepada 16 parpol se-Kota Kotamobagu di kantornya, Minggu (01/017/18).
Menurut Asep persoalan data pemilih itu sama dinamisnya dengan keberadaan pemilihnya. “Setiap hari, bahkan setiap saat, pasti ada yang meninggal, pindah domisili, pensiun, bahkan berusia 17 tahun. Meski demikian paling tidak kita terus berusaha memperbaiki data pemilih dari pemilihan ke pemilihan agar lebih baik.”
Kepada para pimpinan Parpol se-Kota Kotamobagu, Asep berharap pengawasan sekaligus menjadi agen sosialisasi soal pentingnya daftar pemilih bagi Pemilu 2019.
“Kalau selama ini parpol hanya berharap dukungan dari konstituen, sekarang harus memberikan solusi bagi calon pendukung atau konstituen, terutama mereka yang belum terdaftar di data pemilih. Caranya membantu mereka mendaftarkan ke PPS di masing-masing desa/kelurahan, dengan meminta identitasnya dan langsung disampaikan ke PPS yang stanby setiap saat.”
Cara seperti itu, diyakini Asep bisa mendekatkan parpol kepada konstituennya. Bahkan bisa menopang suara dukungan kepada parpol dalam Pemilu 2019. “Cara ini lebih efektif dan efisien serta ampuh dalam rangka mendekatkan diri dengan konstituen, ketimbang cara-cara konvensional lainnya,” pungkas Asep. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …