Home / Berita / KPPS Pemilu 2019 Segera Dibentuk

KPPS Pemilu 2019 Segera Dibentuk

KOTAMOBAGU – Hari H pemungutan suara Pemilu 2019 tanggal 17 April 2019, tersisa empat bulan lagi. Sudah pasti berbagai persiapan terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu.
Di Sulawesi Utara (Sulut) KPU-nya baru saja menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan, Penghitungan Suara dan Rekapitulasi Surat Suara Hasil Pemilu 2019, pekan kemarin. Bimtek tersebut dihadiri langsung salah satu Komisioner KPU RI, Ihlam Saputra.
“Setelah bimtek ini akan dilakukan secara berjenjang mulai dari KPU kabupaten/kota hingga PPK dan PPS kepada para KPPS yang akan segera dibentuk dalam waktu dekat,” kata Yessy Momongan, Komisioner KPU Sulut yang membidangi Teknis Penyelenggara, saat itu.
Menurut Asep Sabar, anggota KPU Kota Kotamobagu yang membidangi Teknis Penyelenggara, materi yang disampaikan dalam bimtek tersebut sangat penting, mengingat pelaksanaannya sudah semakin dekat.
Asep benar, lihat saja materinya mulai dari pemungutan suara, penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara, kesiapan logistik pemilu, TPS, pengisian formulir C1, dan tugas serta fungsi KPPS dalam mensukseskan pemungutan suara hingga pada penetapan calon terpilih.
“Selama ini banyak dilaporkan terjadi kejanggalan di TPS yang dilakukan oleh KPPS, mulai dari salah hitung, salah penempatan pemilih laki-laki dan perempuan, pengisian formulir C1, memasukkan C1 ke kotak suara dan lain-lainnya. Mudah-mudahan dalam pencoblosan nanti tidak akan terjadi lagi,” kata Asep, Sabtu (01/12/18).
Karena itu KPU Kota Kotamobagu, lanjut Asep, akan menggelar bimtek langsung kepada seluruh anggota KPPS sebagai ujung tombak suksesnya Pemilu 2019. “Kalau selama ini yang dibimtek hanya Ketua KPPS dan KPPS 4, sekarang harus semuanya biar bisa saling kontrol dan memberi masukan bila ada kejanggalan saat penghitungan atau pemungutan suara.” (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …