Home / Berita / Kotamobagu Jadi Pilot Project Nasional RPP

Kotamobagu Jadi Pilot Project Nasional RPP

KOTAMOBAGU – Komisioner KPU Kotamobagu Iwan, saat rapat evaluasi dengan para legislator Komisi I DPRD Kotamobagu, Senin (27/3/2013), menjelaskan tentang Rumah Pintar Pemilu (RPP)..
Iwan mengatakan, Kotamobagu menjadi pilot project atau percontohan program RPP secara nasional. Saat ini, KPU Kotamobagu masih melakukan persiapan-persiapan.
“Persiapannya sudah 40 persen. Tujuan RPP adalah untuk mensosialisasikan dan sarana pendidikan pemilih. Nantinya yang akan terlibat di RPP selain pemilih pemula juga partai politik,” kata dia.
Pada pertemuan itu juga, rekan Iwan, Asep Sabar, komisioner yang menangani data pemilih menyoroti soal tingkat partisipasi politik masyarakat Kotamobagu yang berubah-ubah.
“Kita punya data pada Pilwako 2013 lalu partisipasi mencapai 83 persen, karena itu target kita di Pilwako 2018 mendatang bisa sama atau melebih angka itu, yang penting jangan sampai malah turun,” kata dia
Asep juga mengharapkan keterlibatan partai politik untuk sama-sama mensosialisasikan pentingnya memilih dengan mencek namanya di daftar pemilih.
“Selama ini parpol hanya meminta dukungan dari konstituen tapi tidak memperhatikan apakah mereka sudah terdaftar apa belum. Jadi keterlibatan parpol juga sangat penting bagi meningkatnya partisipasi politik,” kata Asep. (**)

Sumber: www.tribunmanado.co.id

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …