Home / Berita / Koordinasi Wajib Hukumnya

Koordinasi Wajib Hukumnya

KOTAMOBAGU – Memasuki hari ke-10 awal tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih pilkada serentak, KPU Provinsi Sulawesi Utara turun memonitoring langsung ke Kota Kotamobagu.
Kepada PPS dan PPK se-Kota Kotamobagu saat Rakor Mutarlih, Minggu (28/01/18),
Zulkifli Golonggom, Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara yang membidangi perencanaan dan data, mengatakan memang kenyataan di lapangan berbeda dengan apa yang kita rencanakan sebelum pelaksanaan coklit, semua daerah seperti ini.
“Karena itu kami mengapresiasi KPU Kota Kotamobagu yang rutin menggelar pertemuan-pertemuan atau rapat-rapat seperti ini.”
Untuk itu, lanjut Zulkifli, pentingnya selalu berkoordinasi di semua tingkatan, agar problem di lapangan bisa diselesaikan secepatnya, dan jangan sekali-sekali diabaikan.
“Bila ada masalah langsung dicarikan solusinya. Kunci dari coklit ini adalah semua wajib pilih harus terdaftar, dan jangan sampai ada yang tidak terdaftar. KPU Kota Kotamobagu harus bertanggungjawab bila ada pemilih yang tidak terdaftar,” tegas Zulkifli.
Di bagian lain, Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi perencanaan dan data, menambahkan bahwa pelaksanaan coklit yang sudah diagendakan secara nasional ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya.
“Sekarang tidak hanya PPDP yang wajib menyampaikan laporan kinerja, tapi juga PPS dan PPK. Karena itu KPU Kota Kotamobagu terus dan selalu berkoordinasi bisa terjadi problem di lapangan.”
Asep menambahkan bahwa pelaporan rekapitulasi pelaksanaan coklit pilkada kali ini dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu per sepuluh hari. “Namun KPU Kota Kotamobagu menginisiatif agar PPS mendampingi PPDP untuk menyusun laporan dari PPDP setiap hari. Ini dianggap penting agar PPDP paham dan mengerti bagaimana menyusun laporan, rekap serta pengisian buku kerja yang diwajibkan kepada mereka.” (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …