Koordinasi dengan Polres Bolmong

KOTAMOBAGU – Semakin dekatnya pelaksanaan kampanye pemilihan umum (Pemilu), membuat pihak keamanan mulai melakukan koordinasi dengan penyelenggara pemilu.

Minggu (02/03/14) petang Kasat Intel Polres Bolmong, AKP Suharno, mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu dan bertemu dengan dua komisioner Asep Sabar dan Aditya Tegela yang didampingi Sekretaris Agung Adati.
Dalam kesempatan itu dijelaskan beberapa hal terkait dengan agenda KPU menjelang kampanye.

“Kampanye akan dimulai dengan deklarasi damai pada tanggal 15 Maret mendatang,” kata Agung.

Menurut dia kampanye yang akan dilakukan di Kotamobagu dibagi dalam empat wilayah atau yang disebut dengan istilah Kota 1 untuk Kecamatan Kotamobagu Utara, Kota 2 wilayah Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota 3 untuk Kotamobagu Selatan dan Kota 3 untuk wilayah Kotamobagu Barat.

“Istilah itu ditetapkan langsung oleh KPU Provinsi Sulawesi Utara, sementara KPU Kotamobagu tinggal menyesuaikan dan menetapkan titik-titik kampanye,” tambah Agung.

Sementara itu, Asep Sabar, komisioner KPU Kotamobagu yang menangani divisi kampanye menambahkan bahwa penentuan lokasi kampanye di Kotamobagu dilakukan secara terbuka oleh partai politik (Parpol) pada Sabtu (01/02/14) dalam rapar koordinasi. “Ini penting jangan sampai ada anggapan KPU membala salah satu partai atau mendukung salah satu partai. Karena itu untuk beberapa titik terpaksa dilakukan undian,” jelas Asep diiyakan Aditya dari divisi teknis penyelenggara.

Kasat Intel kepada KPU menjelaskan bahwa pihaknya sangat serius untuk mengamankan jalannya kampanye hingga pemungutan suara 9 April mendatang. “Karena itu kami terus berkoordinasi dengan KPU terkait tahapan dan data-data yang perlu kami ketahui, seperti jumlah TPS, jumlah pemilih, lokasi kampanye dan lain-lain,” ujar Suharno. (**)

Leave a Reply