Home / Berita / Kompak Itu Perlu

Kompak Itu Perlu

KOTAMOBAGU – “Tanpa kekompakan dan keterbukaan di antara semua pihak di internal KPU, akan berdampak pada tidak maksimalnya kualitas penyelenggaraan pemilihan.”
Penegasan tersebut disampaikan Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro, saat menghadiri Rapat Kerja dan Rakor Penyelenggara dalam rangka Pilkada Bolmong yang juga dihadiri lima Komisioner KPU Kota Kotamobagu, Jumat (04/11/16) di Aula SMK Yadika Desa Kopandakan, Kabupaten Bolmong.
“Hasil evaluasi selama penyelenggaraan Pilkada maupun Pemilu lalu, terutama di daerah-daerah yang bersengketa, persoalan tidak kompak dan adanya kepentingan di masing-masing komisioner maupun sekretariat, ternyata menjadi pemicu utama. Karena itu menghadapi Pilkada Serentak mendatang semua penyelenggara hingga ke tingkat bawah harus kompak, solid dan saling menopang satu dengan lainnya,” jelas Juri.
Lebih tegas lagi Juri mewarning penyelenggara, baik itu KPU, PPK, PPS, KPPS dan sekretariatnya untuk benar-benar netral.
“Dibanyak kasus, secara tidak sengaja komisioner berfoto selfi dengan tokoh-tokoh politik di acara yang sebenarnya tidak ada kaitannya dengan pilkada. Tapi ketika foto tersebut di-upload di media sosial, maka yang terjadi muncullah tudingan-tudingan miring bahwa KPU sudah berpihak dan lain-lain. Apalagi kalau musim-musim pilkada seperti sekarang ini. Jadi hati-hati.”
Karena itu, lanjut mantan Ketua KPU DKI Jakarta itu, diharapkan kepada para penyelenggara untuk pintar-pintar bergaul dan jangan sampai salah menempatkan diri. “Berfoto selfi boleh saja, tapi tidak perlu di-upload di media sosial, cukup jadi koleksi pribadi saja.”
KPU Kota Kotamobagu sendiri, meski baru akan menyelenggarakan Pilkada Serentak Tahun 2018 mendatang, hingga kini masih tetap kompak dan solid.
“Bahkan dalam banyak hal kami selalu bersama, terutama saat membahas terkait teknis dan persiapan anggaran pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Diskusi-diskusi yang kami lakukan juga selalu melibatkan lima komisioner dan beberapa staf sekretariat,” kata Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kota Kotamobagu, di ruang kerjanya, Senin (07/11/16), diiyakan komisioner lainnya; Asep Sabar, Nova Tamon, Aditya Tegela dan Iwan Manoppo. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …