Home / Berita / Koalisi Rakyat Datangi KPU KK

Koalisi Rakyat Datangi KPU KK

KOTAMOBAGU – Koalisi Rakyat Kota Kotamobagu yang terdiri dari mantan pejabat, tokoh masyarakat, aktivis Lembaga Swadaya Nasyarakat (LSM) dan pemerhati sosial mendatangi Kantor KPU Kota Kotamobagu, Rabu (24/01/18).
Kehadiran mereka ke KPU Kota KOtamobagu, sebagaimana diungkapkan Ketua Koalisi; Syachrial Damopolii, untuk mengetahui dan mengklarifikasi berbagai kasus yang terjadi dalam pelaksanaan pemilihan walikota dan wakil walikota Kota Kotamobagu.
“Selama ini kami mendapat informasi yang simpang siur dan tidak jelas sumbernya dari mana. Karena itu dalam kesempatan ini kami ingin mengetahui bagaimana sesungguhnya informasi-informasi tersebut, langsung dari sumbernya, yakni KPU Kota Kotamobagu,” tegas Syachrial yang tercatat sebagai mantan Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara dua periode ini.
Banyak hal yang ditanyakan oleh Koalisi terkait perjalanan tahapan Pilkada di Kota Kotamobagu, mulai dari proses verifikasi administrasi, verifikasi faktual dukungan calon perseorangan, tahapan pendaftaran calon hingga munculnya kabar dari berbagai media terkait pidana pemalsuan tanda tangan.
Amir Halatan bersama tiga komisioner lainnya; Asep Sabar, Iwan Manoppo dan Aditya Tegela yang mewakili KPU Kota Kotamobagu menjelaskan secara Panjang lebar bahwa apa yang dilakukan oleh KPU Kota Kotamobagu dalam menyelenggarakan pilwako sudah sesuai dengan aturan yang berlaku, yakni Peraturan KPU (PKPU) serta edaran KPU RI. Dan semuanya sudah dikonsultasikan secara berjenjang ke KPU Provinsi Sulawesi Utara hingga KPU RI.
Ketika ditanya soal mencuatnya pidana dibalik dokumen dukungan calon perseorangan, baik Amir, Asep, Iwan maupun Aditya, tidak bisa berkomentar lebih, mengingat itu sudah masuk wilayah yang bukan menjadi kewenangan KPU Kota Kotamobagu.
“Intinya kami tetap menghormati proses hukum serta proaktif bila diminta keterangan,” tegas Amir yang membidangi divisi hukum ini.
Diakhir pertemuan, Asep Sabar yang membidangi data pemilih, meminta Koalisi untuk mengawal dan memantau pelaksanaan coklit yang saat ini tengah berlangsung. “Segera informasikan ke kami bila ada hal-hal yang tidak sesuai di lapangan, nanti akan kami tindaklanjuti,” pungkas Asep. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …