Kejari Back Up KPU

KOTAMOBAGU– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu (KK) menggelar pertemuan dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotamobagu, Selasa (25/6) bertempat di kantor KPU KK.

Ketua KPUD, Nayodo Kurniawan ketika dijumpai mengatakan, pertemuan tersebut membahas tentang perjanjian kerja sama antara KPU dan Kejari. ”Hasil pertemuan tadi (kemarin, red) membahas rencana strategi menyangkut pendampingan hukum kepada KPU dan jajarannya dalam konteks Pilwako. ”kata Nayodo, Selasa (25/6) sore kemarin.

Menurut Nayodo, hal itu untuk menjamin tertib administrasi dan pertanggungjawaban dalam rangka pelaksanaan tugas, maka perlu ditunjuk beberapa jaksa untuk melaksanakan pendampingan hukum (Legal Assistance). “Perjanjian kerja sama KPU-Kejari dibidang perdata dan tata usaha negara. Dengan melakukan Memorandum Of Understanding (MoU) antara KPU dan Kejari, bernomor : 23/MOU-KWK/KPU-KK/VI/2013 dan Kejari bernomor : B-830/R.1.12/Gu.3/06/2013,”jelasnya.

Maksud dari perjanjian ini adalah dalam rangka penanganan permasalahan hukum di bidang hukum perdata dan tata usaha negara. “Tujuan dari perjanjian ini untuk melindungi kepentingan hukum terhadap permasalahan hukum dibidang perdata dan tata usaha negara, dengan meliputi bantuan hukum, pertimbangan hukum, penegakan hukum, dan tindakan hukum lain,”ungkapnya.

Ditambahkannya, tehitung mulai Rabu (27/6) hari ini, Kejari mulai melakukan back up terhadap KPU. “Mulai besok (hari ini, red), Kejari mulai memback up dan penguatan terhadap hasil pleno PPK,” tandas Nayodo yang saat itu didampingi tiga jaksa pengacara negara, masing-masing, Chairul F. Mokoginta SH, Gerei Sambine SH, dan Yoga Pratomo SH.(*)

Leave a Reply