Home / Berita / Kebut Revisi Draft RKA Pilwako 2018

Kebut Revisi Draft RKA Pilwako 2018

KOTAMOBAGU – Usai mengikuti Rakor Penyusunan Anggaran Pilkada Serentak 2018 di Manado akhir pekan kemarin, KPU Kotamobagu langsung kebut menuntaskan revisi akhir draft RKA Pilwako 2018, Senin (25/07/16).
Pembahasan draft anggaran Pilwako 2018 yang dikaitkan dengan rapat rutin tiap Senin itu dihadiri lima komisioner KPU Kotamobagu; Nayodo Koerniawan, Nova Tamon, Asep Sabar, Aditya Tegela dan Iwan Manoppo. Mereka menyepakati beberapa hal penting dalam upaya mensukseskan Pilkada Serentak 2018, antara lain (1). Penyusunan anggaran berasaskan tertib hukum, berintegritas, transparansi, efektif dan efisien; (2).
Anggaran Pilwako dibiayai sepenuhnya dari APBD Kota Kotamobagu.
KPU Kotamobagu juga memperhatikan beberapa hal penting terkait pos-pos anggaran Pilkada. Pos-pos anggaran yang dibebankan oleh KPU Kotamobagu adalah; (1). Honor PPK, PPS, KPPS, dan PPDP; (2). Rekrutmen penyelenggara adhoc dan PPDP; (3). Verifikasi calon perseorangan; (4). Pemutahiran data pemilih; (5). Pencetakan Alat Peraga Kampanye (APK); (6). Pengadaan serta trasportasi dan logistik; kotak suara, tinta, surat suara dan formulir; (7). Pengadaan logistik TPS; (8). Sewa gedung dan gudang; (9). Bimtek, sosialisasi dan rapat-rapat; dan (13). Sengketa.
Yang perlu digarisbawahi serta mendapat perhatian pada Pilkada Serentak Tahun 2018 nanti adalah; (1). KPU dan Sekretariat tidak diperbolehkan menerima honor; (2). PPK, PPS, KPPS dan PPDP tidak boleh menerima double honor.
“Rapat kali ini hanya merevisi sebagian poin yang masih membutuhkan penafsiran dan sesuai Keputusan KPU RI terbaru,” jelas Nova Tamon, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi perencanaan dan anggaran kepada media ini.
Nova berharap pada rapat kali ini semua persoalan sudah clear. “Hari ini kita usahakan sudah clear dan bisa diserahkan ke Pemda dan DPRD Kota Kotamobagu untuk dibahas dan dimasukkan ke KUA-PPAS penyusunan anggaran Tahun 2017.” (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …