Kapolda Ingatkan 4 Pasangan Calon

KOTAMOBAGU– Kapolda Sulut Brigjen Polisi Dicky Atotoy mengingatkan empat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu. Hal ini disampaikan Jenderal bintang satu ini saat membawakan sambutan pada gelar pasukan sistem pengamanan kota (Simpamkot) dalam rangka Pemilukada Kotamobagu, Boki Hotinimbang Kotamobagu, Senin (3/06).

“Pasangan calon harus memiliki kesiapan mental terpilih dan tidak terpilih. Pasangan calon harus menjaga kekompakkan antara sesama pasangan. Dalam mencari dukungan, agar melakukan dengan cara yang santun dengan tidak menjatuhkan sesama yang lain. Ciptakan suasana damai dan teguh selama Pilkada ini. Masyarakat KK diminta dapat menggunakan hak pilihnya dan berpatisipasi untuk mendukung Kamtibmas,” kata Atotoy.

Diingatkan juga, jangan hanya kepentingan politik sesaat, kemudian rasa persaudaraan dan kebersamaan terganggu. Motto ‘Torang Samua Basudara’ harus tetap kita jaga. “Karena dalam Pemilukada ini, tidak ada yang kalah atau menang, yang ada itu adalah yang terpilih dan tidak terpilih,” kata Kapolda.

Usai itu, dilaksanakan simulai pengaman pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Kotamobagu. Menurut Kapolda, simulasi ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Polres Bolaang Mongondow (Bolmong) telah siap mengamankan Pemilukada Kotamobagu.

“Polisi akan ‘all out’ dalam pengamanan. Kita tunjukkan kepada masyarakat bahwa Polres Bolmong telah siap. Apalagi, Polres Bolmong juga telah melakukan pengamanan di Bolmut. Evaluasi tetap dijalankan, sehingga mendapatkan pola-pola pengamanan yang efektif,” kata Dicky.

Lebih lanjut kata Kapolda, Polda Sulut juga siap memberikan sokongan pengamanan kepada Polres-polres yang saat ini menghadapi pengamanan Pemilukada.

“Kalau perlu Polda kosong. Lebih baik kita cape di awal dari pada di akhir kira harus mengahadapi masalah keamanan,” kata Dicky saat diwawancarai sejumlah wartawan usai simulasi.

Dikatakannya, Pemilukada damai ini tidak hanya tanggung jawab dari pihak kepolisian dan TNI, tapi juga tanggung jawab dari seluruh elemen masyarakat. “Saya percaya kesiapan seluruh personil merupakan awal yang baik pada momen penting ini. Perlu kesadaran dan komitmen dari masyarakat untuk mensukseskan Pemilukada ini,” ujarnya.(*)

Leave a Reply