Kampanye Terbuka Musti Diatur

KOTAMOBAGU – Tahapan kampanye terbuka Pemilu 2014 tak lama lagi akan digelar, berbagai kesiapan sudah dilakukan KPU dan beberapa instansi terkait seperti Panwaslu dan Kesbang Pol Kotamobagu.

“Kami sudah menetapkan beberapa titik kampanye di masing-masing dapail, tentunya dengan restu para camat serta Kesbang Pol,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi kampanye.

Hanya saja, kata Asep pihaknya masih menunggu juknis dari provinsi, karena untuk menentukan waktu kampanye harus berkoordinasi dengan provinsi. “Mudah-mudahan awal Maret semuanya sudah rampung dan bisa disosialisasikan ke parpol peserta pemilu,” ujar Asep di ruang kerjanya, Kamis (27/02/14).

Yang menarik, kata Asep, Panwaslu dan Kesbang Pol setuju kalau nantinya ada tata cara atau ketentuan yang digunakan pada kampanye, mengingat massa yang akan hadir sangat banyak. “Ini penting agar jangan sampai ada pelanggaran.”

Ivan Tandayu dari Panwaslu sendiri mendukung upaya tata tertib atau tata cara berkampanye pada musim kampanye terbuka nanti. “Yang pasti panwaslu akan melakukan tugas dengan fokus melakukan pengawasan,” kata Ivan di acara rakor dengan pemda beberapa waktu lalu. (**)

Leave a Reply