Kamis, Evaluasi Coklit Tahap II

Kamis, Evaluasi Coklit Tahap II

KOTAMOBAGU – Tiga hari ke depan, tepatnya Kamis (08/02/18), merupakan tahapan evaluasi pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih Pilkada Tahun 2018 yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) untuk sepuluh hari kedua.
“Tahapan sepuluh hari pertama kita sudah lalui yakni pada tanggal 29 Januari 2018 lalu. Nah, tiga hari ke depan merupakan evaluasi sepuluh hari tahap berikutnya,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi data pemilih di ruang kerjanya, Senin (05/02/18).
Karenanya, kata Asep, diharapkan kepada PPDP maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk segera berkoordinasi terkait dengan laporan tahap kedua dimaksud. “Kami meminta PPS dan PPK untuk lebih proaktif dalam mendampingi kerja-kerja PPDP,” tegas Asep.
Menariknya, sebagaimana disampaikan Asep, pihaknya sudah menerima informasi ada sebagian PPDP yang telah mengahiri tugasnya melakukan coklit. “Ini artinya mereka bekerja dengan baik dan perlu mendapat apresiasi.”
Meski demikian, masih kata Asep, waktu yang tersisa hingga dengan tanggal 18 Februari 2018 mendatang, sebaiknya digunakan untuk terus berkoordinasi dengan pengawas maupun aparat desa maupun kelurahan setempat, terutama bagi pemilih yang belum tercoklit.
“Ini penting agar ke depan tidak ada lagi wajib pilih yang tidak terdaftar. Fokuskan juga kepada pemilih pemula yang memasuki usia 17 tahun hingga sampai hari pemungutan suara tanggal 27 Juni 2018 mendatang.”
Informasi yang diterima media ini, PPDP akan mengakhiri tugasnya pada tanggal 18 Februari 2018 mendatang. Namun sebelumnya mereka diwajibkan untuk merekapitulasi hasil coklit dan dimasukkan secara berjenjang kepada PPS, PPK hingga KPU Kota Kotamobagu.
“Sebelum masa tugasnya berakhir, meski wajib pilih di wilayahnya sudah 100 persen dicoklit, diharapkan untuk mengevaluasi dan terus memantau perkembangan wajib pilih, jangan sampai ada yang kecolongan atau tidak tercoklit,” pungkas Asep. (**)