Kalah Pilwako, Kandidat Bisa Nyaleg

KOTAMOBAGU— Kandidat Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) Kotamobagu, akhirnya bisa bernafas lega. Komisi Pemilihan Umum (KPU) merevisi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 7/2013 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Artinya, kandidat yang kalah dalam Pilwako bisa mencalonkan diri menjadi anggota legislatif.

Revisi PKPU Nomor 7/2013 ini diubah menjadi PKPU Nomor 13/2013. Salinan revisi ini diterima KPU Kotamobagu dua hari yang lalu, dan keesokan harinya Kamis (4/4) langsung disosialisasikan kepada sejumlah Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2014, khusus lagi kepada pasangan calon.

“Kami tinggal menunggu penerapannya. PKPU Nomor 7 sebelumnya melarang kandidat di Pilwako mencalonkan diri di legislatif, tapi setelah ada perubahan dengan PKPU Nomor 13, maka kandidat sudah diperbolehkan. Jadi KPU menghapus pasal 47 dalam PKPU Nomor 7 yang menerangkan calon kepala daerah atau wakil kepala daerah yang telah ditetapkan KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota sebagai pasangan calon dalam Pemilukada, tidak dapat dicalonkan Parpol sebagai calon anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota,” terang Ketua Pokja Sosialisasi KPU Kotamobagu Amir Halatan SSos.

Dijelaskan lagi, PKPU Nomor 13/2013 tersebut ditetapkan pada 3 April 2013, lalu. Tapi, dalam implementasinya masih menunggu pengesahan Menteri Hukum dan HAM.(*)

Leave a Reply