Home / Berita / Jangan Ganggu Operator Sidalih

Jangan Ganggu Operator Sidalih

KOTAMOBAGU – Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU RI, Viryan, menekankan soal perlunya kekompakan antara operator dengan komisioner yang menangani sistem data pemilih (sidalih).
Penegasan tersebut disampaikan Viryan saat bimbingan teknis (bimtek) sidalih Pemilu 2019 yang di gelar di JW Marriot Hotel Jogjakarta, 22-24 Februari 2018. belum lama ini. Menurut Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu dan Yusril Kobandaha, operator dan admin Sidalih KPU Kota Kotamobagu yang menghadiri acara tersebut, antara komisioner dan operator sidalih harus kompak, jangan jalan sendir-sendiri.
“Komisioner harus memahami tugas berat yang diemban operator. Di sisi lain, operator sidalih juga harus memahami tugas serta fungsinya untuk selalu fokus dalam menangani masalah-masalah yang terjadi dalam penyusunan daftar pemilih. Posisi operator sidalih sangat penting dalam menyediakan data pemilih yang valid,” kata Asep meniru apa yang diucapkan Viryan.
Viryan yang juga Korwil Sulawesi Utara, kata Asep, bahkan meminta operator sidalih tidak diikutkan dalam kegiatan KPU di daerah selain menangani masalah data pemilih. “Ini penting agar mereka fokus dalam mengelola data pemilih. Dan, kalaupun ada yang dilibatkan, tugas utamanya mengelola data pemilih tidak ditinggal begitu saja. Harus tetap ada yang bertanggungjawab dalam memastikan kelancaran proses pengelolaan data pemilih.
Sebagaimana diketahui, selain mengelola data pemilih, operator sidalih juga ditugaskan untuk melakukan konversi pemilih ditiap TPS. Pada pemilu 2019 akan datang, jumlah pemilih di tiap tempat pemungutan suara (TPS) akan disesuaikan dari 800 orang menjadi 300 orang. Kegiatan konversi tersebut, menurut Viryan, sangat penting, tidak banyak diperhatikan orang karena prosesnya akan bersamaan dengan pilkada.
Terkait proses coklit, diakui Viryan masih menyisakan beberapa kendala seperti faktor data pemilih yang tidak lengkap yang berimbas pada proses penyusunan daftar pemilih Hasil pemutakhiran (DPHP). (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …