Jangan Eksploitasi Anak

KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu sejak jauh-jauh hari sudah mengingatkan semua partai politik (parpol) untuk tidak melibatkan anak dibawah umur.

“Kami hanya bisa mengingatkan parpol untuk tidak melanggar kampanye, terutama mereka yang melibatkan anak. KPU tidak memiliki wewenang untuk menindak,” kata Aditya Tegela, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi teknis penyelenggara, hukum dan pengawasan, Minggu (16/03/14).

Aditya benar, karena aturan terkait pelarangan melibatkan anak tertuang dalam Peraturan KPU yang berbunyi bahwa “Pelaksana, peserta, dan petugas kampanye dilarang memobilisasi warga negara Indonesia yang belum memenuhi syarat sebagai pemilih.”

Jadi, warga Negara yang belum memenuhi syarat sebagai pemilih atau dibawah 17 tahun dianggap anak-anak. “Untuk pengawasan KPU menyerahkan sepenuhnya kepada Panwaslu. Bagi peserta pemilu yang melanggar aturan ini, akan dijerat dengan sanksi administratif saja,” kata Aditya.

Sebagaimana diketahui, pelibatan anak dibawah umur pada kampanye tidak tegas dilarang oleh Undang Undang. Dalam Undang Undang N0: 8/2012 tentang Pemilu DPR ,DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten, tidak ada satu butir ayat di pasal pun yang melarang anak di bawah umur untuk menjadi peserta maupun jurkam.

UU N0 8/2012 pada khusus Pasal 19 menyebutkan yang mempunyai hak untuk memilih adalah: “Warga Negara Indonesia yang pada hari pemungutan suara telah genap berumur 17 (tujuh belas) tahun atau lebih atau sudah/pernah kawin mempunyai hak memilih”. Tidak disebutkan bahwa anak yang belum usianya 17 tahun dilarang untuk menjadi peserta atau jurkam parpol.

Sementara di Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) N0 15/2013 juga tidak implisit melarang anak anak dibawah umur untuk dijadikan Jurkam oleh Partai Politik. PKPU tersebut hanya menyebutkan Peserta Pemilu maupun Calon Legeslatif (Caleg) dilarang memobilisasi anak anak yang belum cukup umur memilih mengenakan atribut Partai. Anak anak yang di maksud dalam Peraturan KPU ini adalah anak anak yang belum berusia 17 tahun (terkecuali jika sudah pernah menikah). (**)

Leave a Reply