Jadwal Tahapan Pilwako Bergeser

KOTAMOBAGU– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu akhirnya mengubah jadwal pelaksanaan tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) periode 2013-2018.

Perubahan tersebut, sebagaimana disampaikan Ketua KPU Nayodo Kurniawan, disebabkan karena verifikasi administrasi dan faktual yang ternyata membutuhkan waktu lebih lama, dan adanya pemeriksaan kesehatan lebih lanjut kepada salah satu bakal calon, sehingga menyebabkan keterlambatan dalam penyampaian hasil tes kesehatan, serta perlu adanya koordinasi dan konsultasi dengan KPU Pusat. “Inilah beberapa pertimbangan sehingga terjadi perubahan tahapan yang sudah diputuskan dalam rapat pleno KPU,” kata dia.

Dikatakan Nayodo, perubahan itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) KPU Nomor: 18/KPTS/KWK/KPU-KK/V/2013 tertanggal 7 Mei 2013. Pada intinya, lanjut Nayodo, tidak ada satu institusi pun yang bisa melarangnya. “Yang jelas, perubahan ini sudah didasarkan pada pertimbangan dan mekanisme aturan perundangan,” pungkas Nayodo.

Sebelumnya, KPU menetapkan penetapan pasangan calon jatuh pada 8 Mei, kemudian diundur dan ditetapkan penetapan serta pengambilan nomor urut pasangan calon jatuh pada 21 Mei, sedangkan pengumuman pasangan calon nanti akan dilaksanakan pada 21-22 Mei.(*)

Leave a Reply