Home / Berita / JADI JO Masukkan 677 Dukungan Tambahan

JADI JO Masukkan 677 Dukungan Tambahan

KOTAMOBAGU – Kekurangan dukungan bakal pasangan calon (bapaslon) dari jalur perseorangan akhirnya dipenuhi Kamis (18/01/18) siang.
Bahkan bakal pasangan calon Jainudin Damopilii dan Suharjo Makalalag yang langsung mengantar dokumen-dokumen tambahan tersebut ke KPU Kota Kotamobagu. “Kami menyerahkan dukungan tambahan ini sebanyak 677 orang. Mudah-mudahan bisa memenuhi kekurangan,” kata keduanya kepada KPU Kota Kotamobagu.
Sebagaimana diketahui, dalam pleno akhir Desember 2017 lalu KPU Kota Kotamobagu sudah menetapkan tim bapaslon dari jalur perseorangan tersebut masih kurang dukungan sebanyak 87.
“Sebagaimana aturan bahwa tim bapaslon harus memasukkan tambahan dukungan dua kali lipat dari jumlah sebenarnya. Artinya tim ini harus memasukkan dukungan sebanyak 87 dikali dua berarti 174 dukungan,” jelas Aditya Tegela, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidang teknis.
Hanya saja, masih kata Aditya, dalam perjalanannya Panwaslu Kota Kotamobagu sempat merekomendasikan adanya dua orang dukungan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).
“Sehingga jumlah dukungan yang harus dipenuhi tim perseorangan perseorangan atas nama Jainudin Damopolii-Suharjo Makalalag ini sebanyak 178,” jelas Aditya.
Masih kata Aditya, terkait dengan verifikasi dukungan tambahan ini nantinya tidak lagi faktual sebagaimana verifikasi dukungan diawal. “Verifikasinya nanti hanya dikumpulkan di suatu tempat yang dikoordinir langsung LO dan disaksikan Panwas. Nah, saat ini kami masih melakukan penghitungan syarat dukungan untuk memenuhi kekurangan tadi.” (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …