Home / Berita / Ini Dia Syarat Caleg 2019

Ini Dia Syarat Caleg 2019

KOTAMOBAGU – Meski Peraturan KPU tentang pencalonan masih dibahas, paling tidak ada beberapa syarat yang harus dilalui bakal calon legislator (caleg) pad Pemilu 2019 mendatang.
Terkait bakal caleg yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, Kades dan perangkat desa, pegawai BUMN/BUMD, termasuk penyelenggara pemilu harus mengundurkan diri.
“Berkaitan dengan hal tersebut diminta agar syarat administrasinya diserahkan ke KPU Kota Kotamobagu paling lambat H-1 sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT). Jika tidak, maka KPU Kota Kotamobagu akan mencoret dan menaikkan calon urutan di bawahnya,” tegas Nova Tamon, Ketua KPU Kota Kotamobagu yang juga penanggungjawab pencalonan anggota DPRD Kota Kotamobagu Tahun 2019.
Tahapan penetapan daftar calon tetap (DCT) itu sendiri akan dilakukan pada tanggal 20 September 2018. “Berarti pada Rabu tanggal 19 September 2018 harus sudah ada surat keputusan (SK) pemberhentian,” kata Nova.
Sementara untuk calon mantan terpidana kasus korupsi, kejahatan seksual anak dan bandar narkoba, tambah Nova, pihaknya masih menunggu terbitnya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang pencalonan. “Karena itu kami tidak ingin mendahului,” pungkasnya. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …