Ini Dia Pelayanan RS dan Rutan

KOTAMOBAGU – Sebagaimana dijelaskan dalam buku panduan KPPS, pelayanan pemungutan suara di rumah sakit (RS) atau rumah tahanan (Rutan) dilakukan secara mobile.

“Nantinya akan diupayakan ada petugas KPPS didampingi PPL dan saksi dari tim pasangan calon datang ke rumah sakit,” kata Aditya Tegela, Komisioner KPU KOtamobagu yang membidang teknis penyelenggara, hukum dan pengawasan, di kantornya Selasa (08/12/15).

Caranya, kata Aditya, petugas KPPS nantinya akan melayani mereka yang memiliki A5 (pindah memilih). “Pemungutan suara di RS dimulai pukul 12.00-13.00 wita dan diutamakan bagi mereka yang memiliki A5 karena terdaftar di daftar pemilih,” jelas Aditya.

KPU Kotamobagu, masih kata Aditya, akan mempersiapkan kotak khusus yang tersegel dan digembok. “Pemungutan suara di RS ini disesuaikan dengan ketersediaan surat suara. Kami juga akan berkoordinasi dengan beberapa TPS yang ada di sekitar RS.”

Sementara untuk Rutan tidak ada masalah, lanjut Aditya, karena ada TPS tersendiri di sana. Bahkan tahanan Polres sebagian akan memilih di Rutan dan sisanya akan di komunikasikan dengan TPS terdekat.

”Kami juga sudah memerintahkan PPK dan PPS yang wilayahnya ada rumah sakit, rumah tahanan serta puskesmas rawat inap untuk fokus ke sana,” pungkas Aditya. (**)

Leave a Reply