Ini Dia cara Menetapkan Kursi

KOTAMOBAGU – Dalam UU Pemilu Nomor 08 Tahun 2012, proses penetapan alokasi kursi legislatif telah disederhanakan menjadi dua tahap saja.

Menurut Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, untuk menghitung kursi, pertama-tama KPU akan menentukan dulu Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) bagi tiap daerah pemilihan. “BPP adalah jumlah suara sah yang diterima dalam sebuah daerah pemilihan, dibagi dengan jumlah kursi yang tersedia bagi daerah pemilihan tersebut,” kata Nayodo, saat berdiskusi dengan pimpinan partai politik di media center KPU Kotamobagu, Rabu (19/02/14).

Dia menjelaskan, sebuah partai politik mendapatkan satu kursi setiap kali jumlah suara yang diperoleh partai tersebut mencapai BPP. “Misalnya, jika BPP sebuah dapil adalah 1500 dan partai A menerima 5000 suara, partai tersebut akan mendapatkan tiga kursi dalam alokasi kursi tahap pertama.”

Kemudian, pada tahap kedua, lanjutnya, kursi yang tersisa di daerah pemilihan tersebut dialokasikan bagi partai politik dengan sisa suara terbesar (sisa suara adalah total perolehan suara partai dikurangi suara yang digunakan untuk mendapatkan kursi dipenghitungan tahap pertama).

“Misalnya BPP dalam sebuah dapil dengan 5 kursi yang diperebutkan oleh dua partai adalah 1500; Partai A memperoleh 5000 suara sehingga mendapatkan tiga kursi di tahap pertama, dan Partai B memperoleh 2500 suara sehingga mendapatkan satu kursi ditahap pertama; sisa suara Partai A adalah 500 dan sisa suara partai B adalah 1000; dengan demikian, karena sisa suaranya lebih besar, Partai B mendapatkan satu kursi terakhir di alokasi kursi tahap kedua ini.”

Kemudian jika ada dua partai atau lebih yang memiliki sisa suara sejumlah sama besar untuk satu kursi yang tersisa, kursi tersebut akan didapatkan oleh partai politik yang persebaran geografis perolehan suaranya lebih luas.

“Saat jumlah kursi yang didapatkan oleh partai-partai politik sudah ditentukan, kursi tersebut diisi oleh calon legislatif yang mencalonkan diri atas nama partai terkait di daerah pemilihan yang dimaksud dan berhasil mendapatkan perolehan suara terbanyak,” beber Nayodo. (**)

Leave a Reply