Ingat, Desember Laporan Dana Kampanye

KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu kembali mengingatkan, semua calon legislatif (caleg) wajib melaporkan dana kampanyenya selambatnya Desember 2013. “Hal itu menjadi bagian tak terpisahkan dari laporan dana kampanye partai politik (parpol) peserta pemilu,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, Hukum dan Pengawasan KPU Kotamobagu, Aditya Tegela.

Menurut dia, pelaporan dana kampanye dilakukan sebanyak tiga kali. Dua kali pelaporan sebelum pemungutan suara, dan satu laporan setelah pemungutan. “Jadi nanti laporan pertama Desember. Semua dana dilaporkan, sejak partai ditetapkan sebagai peserta pemilu dan caleg ditetapkan dalam DCT,” kata Aditya di kantornya, Minggu (01/12) kemarin.

Setiap laporan dana kampanye, lanjut Aditya, akan diaudit terlebih dahulu. Kemudian KPU akan mempublikasikannya. Sehingga, masyarakat bisa mengetahui penerimaan dan pengeluaran parpol serta caleg-calegnya dengan mudah.

Ketentuan tersebut, menurut Asep Sabar, Ketua Divisi Humas, Kampanye, Data Informasi dan Antar Lembaga KPU Kotamobagu, telah ditetapkan dalam Peraturan KPU tentang dana kampanye yang sudah disampaikan kepada pemerintahah untuk diundangkan. “Jadi kita semua harus taat aturan tersebut,” pungkasnya. (**)

Leave a Reply