Home / Berita / In Memoriam: KPU RI Award

In Memoriam: KPU RI Award

KOTAMOBAGU – Berita wafatnya Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik, Kamis (07/07/16) dua pekan lalu, membuat keluarga besar KPU se-Indonesia masih berduka hingga kini, termasuk KPU Kota Kotamobagu.“Kenangan terindah dan tak akan kami lupakan bersama HKM (sapaan akrab Husni Kamil Manik, red), adalah ketika beliau menetapkan dan menyerahkan anugerah KPU KK sebagai KPU Kabupaten/Kota Berintegritas Nasional,” kata Nayodo Koerniawan ditemani empat komisioner KPU KK lainnya; Asep Sabar, Nova Tamon, Aditya Tegela dan Iwan Manoppo, Senin (18/07/16).
Menurut KPU KK, Husni merupakan sosok pemimpin yang patut ditauladani dan dianggap berhasil dan sukses melalui masa-masa kritis saat penyelenggaraan Pemilu 2014 dan Pilkada Serentak 2015 antiklimaks.
“Bayangkan saja betapa kuatnya arus dan goncangan yang diarahkan ke KPU saat itu, namun berkat kepiawaian dan kesolidan para Komisioner KPU RI ditopang penuh KPU-KPU daerah, masa-masa itu mampu dilalui dengan baik, meski riak-riak serta ketidakuasan masih terjadi hingga saat ini,” tegas Nayodo, satu-satunya komisioner KPU KK tiga periode.
Asep Sabar, Komisoner KPU KK yang membidangi data informasi menambahkan, selama penyelenggaraan Pemilu 2014 dan Pilkada Serentak 2015, banyak penghargaan yang ditoreh KPU RI dari lembaga nasional maupun internasional, terutama terkait dengan pengelolaan data pemilih.
“Bahkan yang fenomenal KPU RI diberikan penghargaan sebagai penyelenggara Pemilu Terbaik di dunia, ini sejarah yang harus dicatat oleh masyarakat Indonesia. KPU RI juga dianggap sebagai lembaga penyelenggara yang mampu mengelola data pemilih dengan baik, mampu mengalahkan negara pencetus demokrasi sekelas Amerika Serikat. Karena itu jangan heran banyak negara mulai belajar mengadopsi model pemilu yang dianut Indonesia dan dikelola oleh KPU.”
Sekarang, dengan telah berpulangnya HKM, tambah tiga komisioner KK lain; Nova, Aditya dan Iwan Manoppo, semangat, motivasi dan mimpi HKM dalam rangka menciptakan demokrasi yang berintegritas di Indonesia, akan terus dilanjutkan.
“Apalagi tidak lama lagi Kotamobagu akan menggelar Pilkada Serentak 2018. Kita sudah sepakat untuk bekerja maksimal sesuai aturan sebagaimana diidam-idamkan HKM semasa memimpin KPU RI. Semoga arwah HKM mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT. Amin.” (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …