Imbauan Buat Media

KOTAMOBAGU – Calon anggota legislatif (caleg) yang jelas-jelas melanggar aturan kampanye bisa dicoret dari daftar calon tetap (DCT). Hal tersebut ditertuang dalam Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2013 mengenai Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pemilu Legislatif 2014. Menurut Ketua Divisi Kampanye, Humas, Data Informasi dan Hubungan Antar Lembaga Kpu Kotamobagu, Asep Sabar, sanksi terberat bagi caleg yang terbukti melakukan pelanggaran kampanye secara berulang bisa dicoret dari DCT. Tentunya setelah mendapat rekomendasi dari Panwaslu,” ujar Asep.

Oleh karena itu, lanjut Asep, pihaknya menyerukan agar semua caleg tetap menaati peraturan. Sebagai calon legislator para caleg harus mampu menjadi sosok panutan bagi masyarakat dalam melaksanakan serta menegakkan aturan, terlebih lagi kepatuhan terhadap semua produk hukum.

Pembatasan area kampanye maupun bentuk-bentuk kegiatan kampanye, sambung Asep, bertujuan agar kegiatan politik lebih nyaman, aman, dan terkendali. “Kami harap pesta demokrasi ini tidak mengganggu kenyaman masyarakat,” jelas Asep.

Tak hanya kepada para caleg, Asep yang berlatarnelakang wartawan ini juga mengingatkan kepada pengelola media di daerah ini untuk berhati-hati memasang iklan para caleg, ini penting agar tidak dianggap melanggar aturan. “Kawan-kawan media diminta untuk tidak memuat iklan caleg yang sifatnya ajakan untuk memilih, termasuk menyampaikan visi-misi. Apalagi sekarang belum saatnya untuk berkampanye secara terbuka. Nanti ada waktunya untuk itu.”

Namun demikian, tambah Asep, pihaknya belum melayangkan surat teguran, baik ke partai politik (parpol) bagi caleg yang bersangkutan maupun perusahaan pers terkait iklan yang sudah jauh melanggar. “Berdasarkan ketentuan, para caleg hanya bisa memasang iklan di media cetak untuk menyampaikan visi dan misi, termasuk ajakan untuk memilih para caleg hanya diberi batas waktu 21 hari yakni pada 16 Maret hingga 5 April 2014. Artinya, diluar waktu itu, ya jelas melanggar.” (**)

Leave a Reply