Hitung Ulang TPS XI Gogagoman

KOTAMOBAGU – Hitung ulang surat suara pilpres yang dilakukan TPS XI Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, sebagaimana rekomendasi panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kotamobagu, berjalan mulus. Hitung ulang yang disaksikan langsung empat komisioner KPU Kotamobagu; Nova Tamon, Asep Sabar, Aditya Tegela dan Iwan Manoppo itu berhasil merekap suara sama dengan penghitungan di TPS pada 9 Juli lalu, yakni 91 suara untuk pasangan Prabowo-Hatta dan 113 untuk pasangan Jokowi-JK.

“Karena ini rekomendasi Panwaslu, kami tetap harus menindaklanjutinya,” tegas Aditya Tegela, komisioner yang membidangi hukum dan pengawasan kepada beberapa media, Rabu (16/07/14).

Lebih lanjut Aditya menjelaskan bahwa dari hasil hitung ulang tersebut tidak ada perubahan perolehan suara sebagaimana yang sudah dilakukan panitia pemungutan suara (PPS) maupun panitia pemilihan kecamatan (PPK) Kotamobagu Barat. “Hanya saja ada dokumen yang disesuaikan,” jelas Aditya.

Dibagian lain, Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu, menegaskan bahwa pihaknya sejak awal selalu melakukan koordinasi dengan Panwaslu terkait persoalan yang terjadi di lapangan. “Bahkan sejak pileg lalu kami berusaha untuk menuntaskan masalah sampai ditingkat bawah, tidak perlu dibawa-bawa hingga ke kota, provinsi atau bahkan pusat. Salah satunya adalah Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 5 Mongkonai.”

Nah, dengan digelarnya hitung ulang di TPS XI Gogagoman menandakan bahwa komitmen penyelenggara; KPU dan Panwaslu Kotamobagu, lanjut Nayodo, ingin gelaran Pemilu 2014 berjalan aman, damai dan tentunya sesuai dengan tahapan serta aturan yang ada. (**)

Leave a Reply