Hingga Sabtu, Tiga Parpol Melapor

KOTAMOBAGU – Beberapa partai besar hingga Sabtu (28/12) kemarin belum juga menyerahkan laporan dana alokasi kampanye (DAK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu.

Mereka adalah Golkar, PAN, Demokrat, PPP, PKB, PBB, PKPI, dan PDI Perjuangan. Menurut Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, Hukum dan Pengawasan KPU Kotamobagu, Aditya Tegela, memang sudah ada edaran bahwa batas akhir pemasukan diperpanjang dua hari hingga Minggu (29/12), namun bukan berarti parpol tidak serius. “Seharusnya waktu yang ada ini dipergunakan untuk memasukkan laporan. Jadi ketika ada yang harus dilengkapi tidak perlu menambah waktu lagi,” tegasnya kepada koran ini, Sabtu (28/12) kemarin.

Untuk itu, lanjut Aditya yang kemarin ditemani komisioner lainnya, Nova Tamon, Iwan Manoppo dan Asep Sabar, KPU Kotamobagu tetap akan menunggu parpol-parpol yang akan memasukkan berkas hingga Minggu (29/12) hari ini. “Kami tidak berharap atau tidak menginginkan parpol-parpol di Kotamobagu ini tidak bisa menjadi peserta Pemilu 2014 hanya karena tidak memasukkan berkas, atau ada caleg yang terpilih tiba-tiba dianulir lgara-gara tidak memasukkan laporan keuangannya ke parpol,” pungkas Aditya.

Hingga Sabtu kemarin KPU Kotamobagu hanya menerima laporan DAK dari tiga partai yakni Partai Hanura, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasdem yang dokumennya masuk Sabtu siang. (**)

Grafis
Rekap Laporan DAK Parpol Hingga Sabtu Sore

1. Partai Hanura
– Penerimaan sumbangan tidak ada
– Pengeluaran seluruh caleg Rp 266.200.000

2. PKS
– Penerimaan sumbangan dari parpol tunai Rp 2.100.000
– Sumbangan dalam bentuk barang Rp. 10.350.000
– Pengeluaran keseluruhan caleg Rp 48.220.000

3. Nasdem
– Penerimaan sumbangan parpol tunai Rp. 1.000.000
– Sumbangan dalam bentuk barang Rp. 34.375.000
– Pengeluaran keseluruhan caleg nihil