Harta Kekayaan Calon Akan Diumumkan

KOTAMOBAGU– Daftar harta kekayaan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota akan diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu. Hal itu dilakukan setelah menerima hasil pemeriksaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Semua pasangan calon telah menyerahkan daftar kekayaan mereka ke KPK dan itu diperiksa langsung disana. Setelah kami menerima hasil pemeriksaan dari KPK, akan diumumkan,” ujar Komisioner KPU Kotamobagu Amir Halatan SSos.

Dijelaskan, pelaporan daftar harta kekayaan menjadi syarat bagi pasangan calon kepala daerah. Pengumuman harta kekayaan ini berdasarkan Pasal 9 Ayat Satu huruf i, Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2010 tentang tata cara pencalonan kepala daerah. Selain itu tambah Amir, para pasangan calon juga harus menyerahkan rekening dana kampanye. “Apa yang sudah diatur dalam aturan, harus dilaksanakan. Termasuk memasukkan daftar kekayaan dan rekening dana kampanye,” tegas Amir.

Terpisah, Sekretaris KPU Kotamobagu Muhammad Agung Adati ST MSi menambahkan, dana kampanye tersebut akan diaudit oleh akuntan publik. “Masing-masing pasangan calon akan diaudit secara independen,” ujar Agung.

Dalam pengelolaan biaya kampanye ini terang Agung, pasangan tidak boleh menerima bantuan dari pihak asing. “Pasangan calon juga tidak boleh menerima sumbangan baik dari perorangan maupun lembaga yang melebihi ketentuan, karena itu juga diatur,” terangnya.(*)

Leave a Reply