Hari Pertama, Pendaftar PPK 10 Orang

KOTAMOBAGU – Peraturan KPU yang menegaskan bahwa calon Panitia Adhoc belum pernah menjadi penyelenggara sebanyak dua kali, pendaftar calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pilgub Sulut Tahun 2015 di Kotamobagu sedikit berkurang.

“Pengalaman, saat pilwako dan pemilu lalu pendaftar PPK langsung membludak, sekarang agak berkurang. Mudah-mudahan mulai besok dan seterusnya akan banyak yang mengambil formulir. Ini kan baru hari pertama,” kata Aditya Tegela, komisioner KPU KK yang membidangi teknis penyelenggara dan hukum di ruang kerjanya, Senin (20/04/15).

Masih kata Aditya, dalam dua hari ini pihaknya juga banyak menerima telepon, BBM dan SMS dari warga terkait rekrutmen PPK. “Kebanyakan mereka menanyakan soal pembatasan PPK sebagaimana PKPU. Intinya PKPU menegaskan bahwa bagi mereka yang pernah menjadi PPK di Pilwako 2013 dan Pemilu 2014 itu dianggap dua kali, karenanya tidak bisa lagi mencalonkan diri saat ini.”

Tapi, masih kata Aditya, bagi mereka yang hanya menjadi PPK saat pilwako dan tidak di pemilu, atau hanya menjadi PPK di pemilu dan tidak di pilwako, itu dipersilakan mendaftarkan diri, karena memang dihitung baru sekali. “Kami sangat menjunjung tinggi aturan yang berlaku di pilkada serentak kali ini, karenanya sangat hati-hati,” pungkas Aditya.

Pantauan media ini, hingga siang hari pukul 13.00 wita ini, warga yang mendaftarkan diri sekaligus mengambil formulir baru 10 orang. “Iya benar, baru 10 orang yang mendaftarkan diri sekaligus mengambil formulir,” kata Shinta Gumalangit dan tim pendaftaran PPK Kotamobagu lainnya. (**)

Leave a Reply