Home / Berita / Hari Ini Pleno DPT Serentak

Hari Ini Pleno DPT Serentak

KOTAMOBAGU – Hari ini, sebanyak 33 desa/kelurahan se-Kota Kotamobagu dipastikan akan menggelar pleno rekapitulasi DPS-HP menjadi DPT Pilkada 2018.
“Selasa ini merupakan jadwal terakhir rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) dan akan ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Kota Kotamobagu Tahun 2018 untuk tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau desa/keluarahan dan besok sudah masuk jadwal rekapitulasi untuk tingkat kecamatan oleh PPK,” tegas Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi perencanaan dan data di kantornya, Selasa (10/04/18).
Karena itu, kata Asep tidak ada alasan lagi bagi PPS untuk tidak melaksanakan pleno rekapitulasi hari ini. “Kalau itu terjadi berdampak pada persoalan hukum, karena PPS dianggap tidak melaksanakan tahapan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh Peraturan KPU,” ujar Asep.
Ketika ditanya terkait dengan molornya pelaksanaan rekapitulasi hingga hari terakhir sekarang ini, Asep menjelaskan bahwa hal itu terkait dengan sistem. “Ini wajar karena pada saat yang sama 171 daerah se-Indonesia yang melaksanakan pilkada tahun ini juga harus melakukan menginput data ke sistem, akibatnya sistem kewalahan dan tidak mampu. Tapi, alhamdulillah berkat koordinasi semua pihak, hal itu bisa diantisipasi sejak hari Senin kemarin.”
Kepada media ini Asep mengatakan bahwa mulai Rabu hingga Kamis (11-12/04/18) besok dan lusa, pleno rekapitulasi DPSHP ke DPT akan dilakukan oleh empat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Kotamobagu. “Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar. Untuk pleno tingkat kabupaten/kota sesuai jadwal akan dilaksanakan mulai tanggal 13 hingga 19 April 2018 mendatang.
“KPU Kota Kotamobagu sudah sepakat mengagendakan pleno pada Senin (16/04/18) pekan depan. Keputusan ini diambil mengingat padat jadwal KPU Kota Kotamobagu di pekan ini, diantaranya adalah Debat Terbuka Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Kota Kotamobagu edisi pertama, sementara untuk debat edisi kedua akan digelar awal Mei 2018 mendatang.” (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …