Home / Berita / Hari Ini Batas Pemasukan SK Permberhentian

Hari Ini Batas Pemasukan SK Permberhentian

KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu akan mencoret nama para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pekerjaan lain yang gajinya bersumber dari APBN maupun APBD, dari Daftar Calon Tetap (DCT) apabila yang bersangkutan tidak memasukan Surat Keputusan (SK) Pemberhentian.
“Batas pemasukan berkas SK Pemberhentian Rabu (19/09/18) hari ini. KPU Kota Kotamobagu tidak akan mentolerir siapapun; ASN, Pegawai BUMN atau bacaleg yang memiliki pekerjaan yang bersumber dari APBN maupun APBD hingga batas akhir tidak mamasukan SK Pemberhentian dari statusnya,” tegas Ketua KPU Kota Kotamobagu, Nova Tamon.
Menurut Nova, SK Pemberhentian tersebut harus ditandatangani langsung pejabat yang berwenang atau paling berkompeten di instansi tempat dimana mereka bekerja.
“SK Diberhentikan yang akan dimasukan KPU Kota Kotamobagu tidak boleh hanya foto copy, tapi harus membawa SK yang asli untuk dilakukan validasi dan dokumentasi oleh KPU Kota Kotamobagu. Yang hanya bawa foto copy akan kami tolak,” tegas Nova.
Dikatakan Nova KPU Kota Kotamobagu akan pastikan bahwa ASN, Pegawai BUMN maupun mereka yang gajinya dibiayai dari APBN atau APBD yang membawa SK Pemberhentian status mereka benar-benar sudah diberhentikan terhitung sesuai tanggal yang diterbitkan dan tidak lagi menerima semua hak mereka selaku aparatur yang digaji dan dibiayai negara atau sudah tidak tercatat nama mereka dalam lembaran negara sebagai ASN, pegawai BUMN dan pegawai bergaji APBN serta APBD,” jelas Nova.
Namun, bila sampai hari ini bakal caleg tidak bisa menyampaikan surat keputusan pengunduran diri dari pejabat berwenang, sebagaimana dijelaskan pada Pasal 27 ayat 6 PKPU Nomor 20 Tahun 2018 maka yang bersangkutan bisa menyampaikan surat pernyataan yang menerangkan bahwa surat keputusan pemberhentiannya sedang berproses dan keterlambatan di luar kewenangannya. “Itu harus dilampirkan surat pernyataan yang bersangkutan dan dibubuhi materai,” pungkas Nova diiyakan empat komisioner lainnya; Asep Sabar, Iwan Manoppo, Amir Halatan dan Ridwa Kalauw. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …