Home / Berita / Hari Ini Batas Pemasukan LADK

Hari Ini Batas Pemasukan LADK

KOTAMOBAGU – Bagi Partai Politik yang sudah resmi mengajukan calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kota Kotamobagu diminta untuk segera memasukkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) ke KPU Kota Kotamobagu.
“Laporannya sudah harus masuk ke KPU Kota Kotamobagu paling lambat hari ini pukul 18.00 wita atau pukul 06.00 sore,” kata Amir Halatan, Ketua Divisi Hukum KPU Kota Kotamobagu di kantornya, Minggu (23/09/18).
Amir mengingatkan partai politik yang terlambat ataupun sama sekali tidak menyerahkan LADK sampai dengan batas waktu tersebut maka akan diberikan sanksi. “Sanksinya adalah pembatalan sebagai peserta pemilu pada wilayah pemilihan yang bersangkutan,” tegas Amir.
Amir menambahkan, peserta Pemilu 2019 yang terlambat menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) sampai dengan batas waktu yang sudah ditentukan, juga mendapat sanksi berat. “Yaitu pembatalan sebagai calon terpilih pada wilayah pemilihan yang bersangkutan.”
Karena itu dia berharap partai politik peserta pemilu untuk tidak bermain-main terkait dana kampanye. “Apalagi sekarang sudah ada aplikasi dana kampanye untuk mempermudah menyusun LADK.”
Manfaat lain aplikasi tersebut, kata Amir, membantu parpol mengkonsolidasi laporan dana kampanye calon anggota DPRD Kota Kotamobagu. “Lainnya untuk membantu tim kampanye tingkat nasional mengkonsolidasi laporan dana kempanye tim ke tingkat daerah, dan sebagai kontrol bagi peserta pemilu dalam penerimaan sumbangan dana kampanye dari pihak lain.”
Sebagaimana diketahui, LADK harus memuat Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK), Saldo awal atau saldo pembukaan dan sumber perolehan, Jumlah rincian perhitungan penerimaan dan pengeluaran yang sudah dilakukan sebelum penyampaian LADK, penerimaan sumbangan yang bersumber dari partai politik dan pihak lain, serta Nomor Pokok Wajib Pajak Partai Politik. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …