Home / Berita / Hari H, KPU-Disdukcapil Standby

Hari H, KPU-Disdukcapil Standby

KOTAMOBAGU – Menjelang pemungutan suara Pilkada 2018 yang tinggal 16 hari lagi, KPU Kota Kotamobagu terus berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu.
“Koordinasi ini penting dalam rangka mensukseskan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Tahun 2018,” kata Asep Sabar, anggota KPU Kota Kotamobagu yang membidangi perencanaan dan data di kantor Disdukcapil, Senin (11/06/18).
Menurut Asep, pihak Disdukcapil Kotamobagu begitu bersemangat menjelang hari H pemungutan suara. “Bahkan mereka sudah mempersiapkan posko informasi di hari pemungutan suara nanti,” tegas Asep diiyakan Kasubag Program dan Data KPU Kota Kotamobagu, Polce Liando.
Sementara itu, Kadis Dukcapil; Virgina Olii, menjelaskan pihaknya sudah melakukan beberapa terobosan dalam rangka melayani masyarakat Kota Kotamobagu yang belum memiliki KTP elektronik. “Bahkan selama Ramadhan kami sudah membuka pelayanan perekaman KTP-el langsung ke berbagai desa dan kelurahan. Bahkan, di penghujung Ramadhan ini kami juga buka stand di Pasar Senggol Poyowa Kecil,” jelas Gina, sapaan akrab Kadis Dukcapil, didampingi Adi Malah, Kabid Kependudukan.
Itu semua, kata Gina, semata untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. “Pola pelayanan kami adalah dengan mendatangi langsung masyarakat, bukan lagi menunggu masyarakat.”
Terkait dengan hari pemungutan suara, Gina mengatakan pihaknya akan standby di kantor, bila nanti ada klarifikasi atau protes dari pemilih. “Untuk pelayanan perekaman kami akan lakukan hingga pukul 24.00 wita H-1. Bahkan kalau memang banyak warga yang membutuhkan pelayanan, kami akan buka hingga pagi tanggal 27 Juni sebelum pemungutan suara.”
Kepada Asep, Gina membeberkan bahwa hingga akhir Juni sudah tercatat pemilih baru atau pemilih pemula Kota Kotamobagu sebanyak 136 orang, yang kesemuanya sudah diberikan KTP-el.
“Dari hasil pendataan dari sangadi dan lurah, ternyata masih ada sekitaran 6 ribuan lagi warga Kota Kotamobagu yang belum melakukan perekaman KTP-el. Ini menjadi tugas berat kami untuk melayani mereka,” pungkas Gina. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …