Home / Berita / Hanya Pemilik e-KTP Bisa Memilih

Hanya Pemilik e-KTP Bisa Memilih

KOTAMOBAGU – Meski belum melaksanakan pemilihan, warga Kotamobagu diminta tetap memantau perkembangan daftar pemilih.
Penegasan tersebut disampaikan Nayodo Koeniawan, Ketua KPU Kotamobagu saat Rakor bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu terkait pemutakhiran daftar pemilih (mutarlih) berkelanjutan.
Menurut Nayodo, pihaknya sengaja meminta warga untuk memantau perkembangan daftar pemilih, karena dipandang sangat perlu demi kelanjutan pemutakhiran data pemilih di daerah ini.
“Salah satu hal yang dilakukan dalam mutarlih berkelanjutan adalah menerima masukan dari warga. Jadi mohon kerjasama dari kita semua agar ikut berperanserta dalam pemutakhiran ini,” ujar Nayodo disampingi komisioner lainnya; Asep Sabar, Aditya Tegela dan Iwan Manoppo, Jumat (23/12/16).
Dia menambahkan untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (pilwako) Tahun 2018 mendatang yang digunakan sebagai database pemutakhiran data pemilih bukan lagi data pemilih pemilu yang terakhir, melainkan data pemilih berkelanjutan.
“Proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang dilakukan sekarang ini, selain menggunakan daftar pemilih pemilih sebelumnya, kemudian DPTb-2 yang menggunakan KTP pada hari “H”, juga mutasi penduduk yang datanya kita peroleh dari Disdukcapil.”
Mudah-mudahan dengan adanya pemutakhiran berkelanjutan ini tidak ada lagi pemilih tercecer dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan tidak ada lagi pemilih yang tidak memenuhi syarat dalam DPT. “Pada pemilihan mendatang yang bisa menggunakan hak pilih adalah mereka yang sudah memiliki e-KTP. Bagi warga yang belum memiliki e-KTP, walaupun usianya sudah 17 tahun ke atas, tidak akan bisa menggunakan hak pilih,” kata Nayodo.
Sementara itu, Kadis Dukcapil Kotamobagu, Virgina Olii, mengatakan target kinerja Disdukcapil Kotamobagu untuk perekaman e-KTP hingga saat ini sudah mencapai 95 persen. “Disdukcapil juga telah melakukan perekaman e-KTP langsung dengan mendatangi penduduk yang ada di 33 desa/kelurahan.
“Ke depan, kami berharap tidak ada lagi penduduk Kotamobagu tidak masuk database. Kalau sudah masuk database, maka tinggal melakukan perekaman e-KTP. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …