Hanya Dua Zona Kampanye

KOTAMOBAGU – Berbeda dengan pelaksanaan pemilihan legislatif, pada pemilihan presiden saat ini, KPU Kotamobagu menetapkan dua zona kampanye.

Kedua zona tersebut, kata Asep Sabar, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi kampanye, yakni Kecamatan Kotamobagu Utara dan Kotamobagu menjadi Zona 1 dan Kecamatan Kotamobagu Timur dan Kotamobagu Selatan menjadi Zona 2. “Semuanya sudah disetujui oleh kedua tim pasangan calon Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK,” kata Asep yang dihubungi Jumat, 13 (06/14).

Asep menambahkan bahwa pada pelaksanaan kampanye pilpres berbeda dengan pemilu legislatif, dimana para peserta diberikan kewenangan penuh untuk menentukan waktu dan tempat pelaksanaan kampanye. “Jadi disini kampanye partisipasi aktif langsung dari peserta, KPU hanya mengatur dan pemerintah yang mengusulkan lokasinya.”

Dalam rakor yang digelar di media center KPU Kotamobagu dan dihadiri lima komisioner, dua tim pemenangan pasangan calon, Panwaslu, Kesbang Pol, Polres, Satpol PP, Camat dan PPK se-Kotamobagu banyak dibahas beberapa hal dengan mengevaluasi yang sudah dilakukan saat pileg lalu.

“Yang pasti kami berharap kampanye harus benar-benar tertib aturan, terutama pengurusan ijinnya. Jangan sampai ada yang tidak melapor,” kata peserta dari Polres Bolmong.

Kakan Kesbang, Gunawan Damopolii, bahkan berharap alat peraga kampanye (APK) bisa memanfaatkan titik dan zona yang ada. “Jadi daerah-daerah yang dilarang untuk pemasangan APK, dijaga untuk jangan sampai ada APK. Kalau tidak akan langsung ditertibkan.”

Sementara itu, Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, mengharapkan kepada kedua tim untuk sama-sama menjaga kondisi daerah agar tetap aman sebagaimana saat pileg lalu. “Pelaksanaan pileg kemarin kita mendapat pujian, karena itu di pilpres kita harus mempertahankan kondisi yang aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.” (**)

 

Zona Kampanye Kotamobagu

ZONA 1             KOTAMOBAGU UTARA Lap. Pontodon dan Lap. Biga

KOTAMOBAGU BARAT  Lap. Mongkonai, Lap. Gogogoman, Lap. Gelora Ambang

ZONA 2            KOTAMOBAGU TIMUR Lap. Sinindian, Lap. Moyag, Lap. Kobo Kecil, Lap. Matali

KOTAMOBAGU SELATAN  Lap. Kopandakan 1, Lap. Pobundayan, Lap. Poyowa Besar 1, Lap. Motoboi Kecil

 

 

Leave a Reply