Hampir Setengah DPTb-1 Pemilih Pemula

KOTAMOBAGU – Sebagian besar permilih tambahan yang tercatat dalam DPTb-1 ternyata berstatus pemilih pemula.

Dari portal sistem informasi data pemilih (sidalih) tercatat pemilih pemula di Kotamobagu sebanyak 94 orang dari total pemilih tambahan 196 orang. “Ini artinya hampir 50 persen dari jumlah pemilih tambahan adalah pemilih pemula,” tegas Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu di kantornya, Jumat 23/10/15).

Dari jumlah tersebut, lanjut Asep, pemilih pemula terbanyak berada di Kecamatan Kotamobagu Selatan 31 orang, Kecamatan Kotamobagu Timur 29 orang, Kecamatan Kotamobagu Utara 24 orang dan Kecamatan Kotamobagu Barat hanya 10 orang. “Semuanya sudah dimasukkan di portal data pemilih KPU,” kata Asep.

Kepada beberapa media Asep menambahkan, sebagaimana jadwal yang sudah ditetapkan PKPU, mulai Jumat-Minggu (23-25/10/15), rekapitulasi data pemilih dilakukan di tiap kecamatan. “Kami sudah menginstruksikan PPK untuk menggelar pleno di tiap-tiap wilayah kerjanya. Setelah itu KPU Kotamobagu akan menggelar pleno awal pekan depan.”

Ketika ditanya soal masih adanya pemilih pindah domisili dan pemilih pemula hingga H minus 1 pemungutan suara, Asep menjelaskan bahwa sebenarnya kalau mau ikut aturan untuk pemilih pindah domisili disyaratkan minimal enam bulan sudah menetap di daerah pindahan.

“Jadi pemilih tambahan yang belum enam bulan tidak bisa dilayani. Kalau dilayani akan beresiko data ganda, karena bisa saja yang bersangkutan masih terdaftar di daerah asalnya.”

Terkait dengan pemilih pemula, masih kata Asep, KPU Kotamobagu berharap yang bersangkutan bisa masuk di DPTb-2. “Yakni dengan membawa KTP atau KK saat pemungutan suara. Itu pun yang akan dilayani hanya penduduk setempat dan disesuaikan dengan surat suara yang ada.” (**)

Leave a Reply