Pilkada Serentak 2018 Sudah Dilaunching

Kotamobagu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu menghadiri launching Pilkada Serentak 2018 yang digelar KPU RI, Jakarta, Rabu (14/6) lalu.
Minus ketua KPU Nayodo Koerniawan, empat komisioner dan sekretaris KPU Kotamobagu didampingi komisioner KPU Provinsi Sulut, Fachruddin Noh, hadir dalam pelaksanaan launching tersebut.
Usai mengikuti launching Pilkada Serentak 2018 di KPU RI, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Iwan Manoppo mengaku optimis pilkada di Kota Kotamobagu akan berjalan dengan baik dan lancar. “Tentunya diharapkan dukungan semua pihak dan terutama pemilih. Target partisipasi masyarakat diharapkan minimal sama dengan Pilwako 2013 sebesar 83 persen,” harapnya.
Dikatakannya, dalam waktu dekat akan dilakukan launching lokal di Kotamobagu. “Kemungkinan awal Juli acaranya, dengan mengundang komisioner KPU RI. Acara tersebut akan dihadiri Parpol, Pemkot, Dekot, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemilih pemula, kaum perempuan dan disabilitas,” kata Iwan.
Komisioner KPU lainnya, Asep Sabar mengatakan, terkait data pemilih akan dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Dukcapil Kotamobagu. “Ini sebagai tindak lanjut MoU antara KPU RI dengan Mendagri. Ke depan diharapkan tidak ada lagi pemilih yang tidak dapat memilih,” ujarnya. Dia mengharapkan, kepada pemiih pemula maupun yang sudah memasuki usia pilih segera mengurus E-KTP. “Karena pada Pilkada nanti KPPS hanya melayani pemilih yg memiliki E-KTP,” ucap komisioner yang membidangi divisi data dan perencanaan ini.
Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Sulut Fachruddin Noh berharap, Pilkada 6 kabupaten/kota di Sulut bisa berlangsung sesuai harapan semua pihak. “KPU akan terus melakukan sosialisasi agar warga bisa memanfaatkan hak pilihnya dengan baik dan benar termasuk warga disabilitas,” harapnya.
Terpisah, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi masalah teknis Aditya Tegela mengatakan, KPU Kota Kotamobagu pada Pilwako kali ini mengusung visi misi atau tema besar “kerja cerdas, kerja tuntas, berkualitas dan berintegritas”.
Nova Tamon menambahkan, selain tema utama tersebut pada launching lokal nanti juga akan diluncurkan maskot BOGANI MEMILIH. “Ini untuk memperkuat semangat yg digelorakan oleh KPU yakni KPU MELAYANI,” kata Nova.
“Sebagai pihak yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaan seluruh kebijakan, sekretariat siap mem-backup pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 dengan terus membangun sinergi dengan berbagai pihak,” pungkas Sekretaris KPU Kotamobagu, Frans Manoppo. (guf)

Sumber: www.mongondow.co